ITS News

Minggu, 28 April 2024
30 November 2007, 19:11

BPPT Lakukan Uji Kapal di ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan uji coba empat kapal penumpang dan barang. Prototype kapal berkapasitas 350 GRT, 500 GRT, 750 GRT, dan 1000 GRT ini diuji di kolam tarik Laboratorium Hidrodinamika Indonesia (LHI) kompleks ITS Jumat (30/11)

Menurut salah satu peneliti BPPT, Dr Ir Ika Prasetyawan MSc, menjelaskan ke-empat model kapan ini merupakan pesanan dari Pemerintah Propinsi Riau. ’’Ini semuanya kapal penumpang dan barang, dengan skala 1:12,’’ tegasnya. Ika menambahkan pengujian kapan di kolam tarik ini bertujuan untuk mengukur besaran tenaga mesin yang dibutuhkan oleh kapal-kapal tersebut.

Dari pengujian ini, dapat diketahui tentang tonase maksimal kapal, kapasitas, tenaga mesin yang harus dipasang. Alumnus ITS ini menyatakan sebuah kapal minimal harus dijui sebanyak delapan kali dalam kolam sepanjang 235 meter dan kedalaman 5 meter ini. ’’Kapal-kapal ini sudah melewati tahap desain sehingga sekarang diuji untuk mencari mesin yang sesuai dengan desain kapal ini,’’ jelas Ika.

Pada pengujian tersebut, kapal dipacu dengan beragam kecepatan. ’’Kita lihat dari beberapa aspek, termasuk kestabilan, dan uji gelombang,’’ tambahnya.(Humas/rif)

Berita Terkait