ITS News

Sabtu, 11 Mei 2024
21 November 2007, 11:11

Iran Lirik ITS Sebagai Partner Bidang Pendidikan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Didampingi salah seorang stafnya, kedatangan Alli disambut hangat oleh Rektor ITS, Prof Dr Priyo Suprobo MS PhD, di ruang kerjanya. Setelah beramah tamah dan menikmati jamuan makan ala kadarnya, Alli pun terlibat perbincangan empat mata bersama Probo.

Ditemui ITS Online sebelum melakukan jamuan makan, Alli menegaskan bahwa maksud kedatangannya di ITS adalah dalam rangka penjajakan memorandum of understanding (MoU) antara Iran dan ITS dibidang pendidikan khususnya science dan engineering. "Wujud dari MoU ini nantinya bisa berupa kerja sama G to G (Government to Goverment), U to U (University to University), G to U, atau U to G. Tapi yang jelas kerja sama yang kita jalin adalah bidang science dan engineering," tutur Alli.

Lebih jauh Alli juga mengungkapkan bahwa tujuan utama dari kerja sama ini adalah untuk mencari partner yang dapat membantu mengembangkan pendidikan di Iran."Ya contoh riilnya seperti professor and student exchange antara Iran dan ITS," imbuhnya.

Di lain pihak, Probo sebagai wakil dari tuan rumah menyambut baik maksud dan tujuan dari Iran untuk menjalin kerja sama dengan ITS. Probo mengatakan bahwa MoU ini merupakan kesempatan yang baik bagi ITS untuk go internasional. "Salah satu keuntungannya bagi kita adalah terbentuknya link jalinan kerja sama antara ITS dengan negara-negara di Timur Tengah," tegas Probo.

Dan yang perlu digaris bawahi, lanjut Probo, dengan adanya kerja sama ini peran ITS dalam lingkup internasional semakin diakui. "Sebagaimana hubungan ITS dengan Timor Leste, kerja sama antara ITS dengan Iran ini, posisi ITS berada dipihak yang membantu bukan yang diberi bantuan. Ini yang harus diperhatikan," tegas Probo.

Lalu seperti apa wujud MoU-nya nanti? Menjawab pertanyaan ini Probo mengatakan bahwa kemungkinan besar adalah dalam bentuk U to U. "Entah nanti kita mengirimkan tenaga ahli atau professor ke sana, atau pun lainnya, kita lihat saja perkembangannya," tutur Probo.

Selain membicarakan MoU dengan pihak ITS, Dr Vahid Alli juga berkesempatan untuk melihat fasilitas-fasilitas teknologi yang ada di ITS dengan mengunjungi beberapa laboratorium. Laboratorium yang dikunjungi antara lain, laboratorium di Teknik Sipil, Teknik Kelautan, dan Perkapalan.(f@y/rif)

Berita Terkait