ITS News

Minggu, 28 April 2024
31 Juli 2007, 13:07

Pendaftaran DIII ITS Dibuka, Sistem Lebih Baik

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam proses registrasi selalu dibutuhkan teknik agar pelaksanaanya tidak membuat para pendaftar merasa bingung, apalagi mereka yang dari luar kota. Oleh karena itu pada tahun ini dalam pelaksanaan registrasi mahasiswa Program Diploma III (DIII) panitia pelaksana menggunakan trik khusus agar membuat orang yang akan melakukan registrasi menyelesaikan proses dengan cepat.

Pada pendaftaran yang dibuka tanggal 30 Agustus hingga 4 Agustus ini, tampak agak berbeda dari tahun sebelumnya. Hal ini terlihat saat para pendaftar yang sedang mengisi form selalu dipandu oleh petugas, baik form berkas pendaftaran maupun form di komputer yang tersedia. “Hal ini kami lakukan agar waktu pengisian lebih cepat dan efisien,” ujar Slamet, salah satu panitia kegiatan ini. Soalnya berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya banyak calon mahasiswa yang merasa kebingungan dalam mengisikan point dalam formulir yang diberikan.

Slamet juga mengatakan bahwa langkah untuk memandu setiap calon mahasiswa dalam melengkapi setiap isian dalam formulir juga terkait masalah tempat. Menurut dia ini baru hari pertama jadi agak sepi, tapi hari–hari berikutnya nanti saat hasil SPMB sudah di umumkan pasti kewalahan tempat, disinilah nanti langkah yang dilakukan panitia akan berguna.

Alur pendaftaran calon mahasiswa DIII pertama mereka harus membeli formulir pendaftaran di Bank Niaga cabang ITS, selanjutnya para pendaftar diarahkan ke Plasa Dr Angka, lalu mereka dipandu melakukan pengisian formulir. Namun sebelum membeli formulir ada beberapa persyaratan yang harus mereka persiapkan terlebih dahulu yaitu foto copy ijasah yang telah dilegalisir, formulir pendaftaran yang telah diisi, foto dan bukti pembiayaan pendaftaran.

Pada proses penerimaan mahasiswa baru tahun ini jumlah quota dari masing-masing bidang studi yang dibuka yaitu dari tiga fakultas antara lain Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknologi Industri ( FTI ), Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) sampai saat ini juga belum bisa dipastikan. ”Kalau masalah tersebut sih tergantung kebijakan dekan dan kajur prodi masing-masing,” ujar Agung Cahyono salah satu panitia dari bagian informasi.

Jumlah peminat program DIII ini pada hari pertama pembukaan pendaftaran belum bisa diprediksikan. “Kami belum bisa memperkirakan banyaknya pendaftar, karena biasanya jumlah pendaftar akan membludak setelah hasil SPMB diumumkan, mungkin baru setelah itu perkiraan baru bisa dilakukan,” tandas Agung. (@nx/rif)

Berita Terkait