ITS News

Sabtu, 18 Mei 2024
27 Februari 2007, 00:02

Penting, Peran Teknologi untuk Bidang Kearsipan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Demikian disampaikan Pembantu Rektor II ITS Ir Syerief Widjaja Ph.D saat membuka Workshop Pengelolaan Kearsipan Melalui Aplikasi Dokumen Elektronik Manajemen Sistem, yang diadakan oleh Biro Admisitrasi Umum dan Keuangan (BAUK) ITS, Selasa (27/2) siang.

Dikatakannya, melalui peran teknologi itu diharapkan ke depan kualitas layanan bidang kearsipan bisa lebih baik, lebih cepat dan akurat serta mudah untuk diakses. ”Jika empat prinsip pengelolaan kearsipan ini telah dimiliki, maka bisa dijamin pola kerja orang yang berada di bidang kearsipan akan makin ringan, dan itu ujungnya akan bisa memberikan kualitas layanan terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu Drs Tidor Arief T. Djati salah seorang pemateri mengatakan, tujuan manajemen arsip adalah untuk mewujudkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan arsip organisasi.

Selain itu, manajemen arsip juga menjamin bahwa arsip-arsip yang tidak bernilai guna dapat dimusnahkan secara sistematis, dan menjamin arsip-arsip yang bernilai informasi dapat dilindungi dan dipelihara serta mempermudah akses dan penggunaan.

Dikatakannya ada beberapa tantangan dibidang kearsipan yang harus buisa diantisipasi, diantaranya masalah globalisasi, teknologi informasi, citra atau image, manajemen, pengembangan modal SDM, kebutuhan pasar baik internal maupun eksternal serta biaya. (humas/rif)

Berita Terkait