ITS News

Sabtu, 11 Mei 2024
15 Maret 2006, 17:03

Terobosan Baru Dengan Router Cisco

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ingin meningkatkan skill lulusan Teknik Elektro, Program Studi D3 Teknik Elektro Computer Control akan mengadakan pelatihan Dasar Pemrograman Router Cisco Type 2600 XM dan Catalyst 2950 Switch ."Ini adalah salah stau terobosan untuk meningkatkan kualitas lulusan kami. Tak banyak lulusan elektro yang mengerti Router Cisco, mungkin dengan jalan ini kami bisa tingkatkan skill lulusan kami," ungkap Ir Gatot Kusrahardjo MT, Ketua Program Studi D3 Teknik Elektro Computer Control.

Pelatihan yang direncanakan selama satu hari ini akan dilaksanakan di laboratorium komputer BB 202 D3 Teknik Elektro Computer Control. "Pelatihan ini dapat diikuti oleh umum, namun pesertanya terbatas. Kami hanya membatasi pelatihan ini untuk 10 orang saja," ungkap Gatot. Pria berkacamata ini mengaku membatasi peserta untuk membuat suasana lebih kondusif.

Gatot mengaku kalau ia sangat prihatin dengan budaya beberapa mahasiswa di ITS. "Saya sangat prihatin dengan budaya cangkrukan anak ITS. Apalagi yang mereka bahas waktu cangkruk kebanyakan juga tidak bermanfaat, waktu itu sangat berharga. Isilah dengan kegiatan yang bermanfaat, breaking your habit!" ungkapnya.

Gatot mengaku banyak menerima keluhan lulusan mahasiswa yang merasa tidak memiliki skill yang memadai. "Saya sering menerima keluhan dari lulusan ITS yang merasa tak memiliki kemampuan apa-apa. Nah, paling tidak dengan pelatihan kami ini akan menjadi bekal mereka di dunia kerja kelak. Karena Router Cisco ini banyak digunakan oleh perusahaan," jelas Gatot.

Pelatihan ini terdiri tujuh materi utama, yaitu Starting Router, Konfigurasi Router LAN dan WAN, Static Routing, Starting Switch, Konfigurasi Switch, dan Praktek Dasar Pemrograman Router dan Switch. Setiap peserta dikenakan biaya sebesar 150 ribu rupiah. "Biaya pelatihan ini sangat murah dibandingkan dengan pelatihan Cisco pada umumnya. Kami tahu kok standar mahasiswa, anda boleh bandingkan dengan pelatihan Cisco di lembaga atau perguruan tinggi lain," jelas Gatot.

Gatot berharap dengan seringnya diadakan pelatihan ilmiah, budaya cangkrukan bisa diganti dengan budaya ilmiah yang bermanfaat. "Kita adalah pusat masyarakat ilmiah, sudah saatnya kita berpacu. Jadikan setiap waktu itu dapat bermanfaat," jelas Gatot. Bagi para pembaca yang berminat mengikuti pelatihan ini dapat mendaftar di Hadi 081553132477 (bisa SMS) atau telp di (031) 5947319 ext 84. Atau untuk lebih lengkapnya dapat menghubungi langsung di bagian pengajaran D3 Teknik Elektro Computer Control ITS.(Jie/ftr)

Berita Terkait