ITS News

Senin, 17 Juni 2024
15 Januari 2006, 16:01

Gratis, Email ITS Seumur Hidup

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menurut Dr Ir Ari Santoso DEA, sosialisasi penggunaan free email dengan domain ITS ini telah dilakukan oleh Pusat Komputer (Puskom) sejak Jumat (6/1) lalu. Sosialisasi ini awalnya berupa selebaran yang ditempelkan dihampir setiap papan pengumuman di kampus ITS. "Rencananya kami juga akan membuat poster dan spanduk yang nantinya akan dipasang segera,” tutur dosen Elektro ITS ini.

Uniknya, keanggotaan email gratis ini akan berlaku seumur hidup. "Pada mahasiswa jika lulus, nantinya akan otomatis pindah ke-domain khusus alumni dengan alamat @al.its.ac.id,” terang Ari. Pendaftaran fasilitas email ini pun sangat mudah. "Tinggal klik webmail dari website ITS (www.its.ac.id). Lalu, tinggal masukkan username dan password seperti di FRS Online. Dalam waktu 1×24 jam akan otomatis teregistrasi dan dapat digunakan," lanjut Ari. Kapasitas memori penyimpanan dalam email ini pun bisa dibilang lumayan besar, 20 megabytes.

Alamat domain email juga disesuaikan dengan jurusan yang digeluti. "Tak hanya dosen, karyawan jurusan pun akan diberi domain yang sama, kecuali karyawan BAUK yang menggunakan domain ITS langsung,” kata Ari.

Saat ini, dari data yang didapat masih sedikit stakeholder ITS yang memanfaatkan fasilitas gratis ini. Diungkapkan Ari, dari total 17.000 mahasiswa ITS, masih tercatat sekitar 5000 mahasiswa yang mendaftar. "Sementara ini, mahasiswa sudah bisa mendaftar langsung, tapi bagi dosen dan karyawan masih dalam proses pendataan,” ungkapnya. Memang Ari mengaku dari sisi dosen, masih terdata 4000 dosen dari total jumlah kurang lebih seribu dosen ITS. "Untuk data mahasiswa lebih mudah karena kami mengambil dan menggunakan data FRS Online," paparnya.

Email ini, imbuh Ari, bersifat automatic. "Maksudnya bisa diakses dari manapun, sekalipun dari luar negeri," tandasnya. Untuk itu, rencananya, website ITS juga segera akan dibuat versi inggris. "Sebab berdasarkan data yang didapat, banyak juga pengakses website ITS dari luar negeri, seperti Amerika, jepang, Taiwan, Malaysia, Singapura dan lainnya," kata Ari sambil menunjukkan data grafik pengakses kepada ITS Online. Lalu, Ari juga menghimbau agar civitas ITS segera memanfaatkan email gratis ini.(th@/asa)

Berita Terkait