ITS News

Sabtu, 20 April 2024
12 Januari 2006, 15:01

Tutup Kepanitiaan Wirid Akbar dengan Sholat Khusuk

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sholat adalah ibadah keseharian umat muslim. NAmun, tidak semua muslim mampu dan beruntung bisa sholat dengan khusuk. Seperti yang dikatakan Darmadji ketika mengawali wawancara dengan ITS Online diruang kerjanya Senin pagi (9/1), “Apakah kita termasuk orang-orang yang beruntung karena khusuk dalam sholatnya?" Yang diutarakan Darmadji itu tak lain merupakan kutipan salah satu ayat Al-Quran. Menurut dosen jurusan Matematika ini, kekhusukan adalah sebuah keadaan yang telah tersedia, bukan hasil yang kita ciptakan.

“Selama ini pola pikir dan paradigma kita mengacu bahwa sholat khusuk itu kita yang membuat. Padahal, sebenarnya kita tidak dapat menciptakannya, tapi Allah yang mencipta. Yang dilatih adalah membimbing untuk masuk ke suasana khusuk itu, sesuatu yang diberikan pencipta. Arah itu yang kita tuju,” papar dosen jurusan Matematika ITS.

Seyogyanya, lanjut Darmadji, kita mencari dan melatih diri sebagai petunjuk untuk meraih dan dapat merasakannya. “Karena keindahan dan kenikmatan sholat khusuk tak tertampung dan tak tergambarkan oleh rangkaian kata,” komentarnya. "Sebenarnya acara ini ditujukan untuk menutup kepanitiaan wirid akbar, tapi saya pikir sayang kalau hanya makan-makan saja, sehingga muncullah keinginan untuk sekaligus menggelar semiloka ini," imbuhnya.

Alasan inilah yang mendasari Darmadji untuk mengadakan semiloka : Sholat Khusuk, The Gate of Ultimate Solution. Dengan mengundang tim Ustadz Abu Sangkan, rencananya acara yang bertempat di ruang sidang rektorat lantai 3 ini akan dihadiri sekitar seratus orang. Namun sayang, Ustadz Abu Sangkan yang terkenal lewat bukunya berjudul Pelatihan Shalat Khusuk : Shalat Sebagai Meditasi Tertinggi Dalam Islam, tidak bisa hadir. “Ustadz Abu Sangkan tidak dapat hadir karena beliau sedang di tanah suci, sehingga diwakili timnya langsung dari Jakarta. Selain itu, kami juga mengundang Ustadz Fatoni, Ustadz Heru dan Natalis. Mreka semua dari Surabaya,” papar dosen yang kental dengan logat Jawa-nya ini.

Darmadji SSI MIKomp mengatakan pihaknya menyediakan seratus buah undangan. “Lima puluh untuk panitia wirid akbar, dan separuhnya lagi free untuk umum. Jadi bagi siapapun yang sangat berminat segera menghubungi kami, karena memang tempatnya terbatas,” pesan dosen Matematika ITS ini sembari menyebut contact person yang bisa dihubungi. Konfirmasi kepesertaan dapat melalui Nanik (5994251-55 psw 1113) atau langsung ke Darmadji (5944792). (th@/rin)

Berita Terkait