ITS News

Jumat, 29 Maret 2024
09 Januari 2006, 14:01

LKMM Pra-TD Ala MIPA, Dosen pun Jadi Pemandu

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ada pemandangan berbeda pada Sabtu-Minggu (7-8/1) kemarin di sekitar kawasan Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan alam (FMIPA) ITS. Di sana terlihat beberapa mahasiswa baru mengikuti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Pra Tingkat Dasar (LKMM Pra TD). Perbedaannya, pelatihan ini diwajibkan bagi mahasiswa baru 2005 FMIPA. Juga karena dilakukan dalam lingkup besar, tidak seperti biasanya yang hanya dalam lingkup jurusan dan terbatas. Selain itu, yang unik, para pemandu bukan berasal dari mahasiswa, tapi dari kalangan dosen MIPA. Memang, format LKMM pra-TD ala MIPA ini baru pertama kali dilakukan di ITS.

Ada enam buah ruangan yang digunakan dalam pelatihan ini, diantaranya Theater A, ruang T101, T 102, dan T 103 Jurusan Matematika . Tiap ruangan dibatasi hanya untuk 40 peserta. Susunan tempat duduknya pun fleksibel, mudah diubah, disesuaikan dengan kebutuhan materi. Sesekali menjadi letter U, lingkaran kecil, atau diubah menjadi lingkaran besar. Dua pemandu dosen pun ditempatkan dalam masing-masing ruangan.

Salah satu pemandu, Drs Soehardjoeprie Msi, mengatakan Fakultas MIPA menginginkan suatu format baru dalam LKMM pra-TD. “Pelatihan ini adalah rangkaian dari IO maba yang diprogram oleh rektorat, kami berusaha menjalankan ini sesuai dengan ketentuan, dan semua mahasiswa baru bisa ikut, tidak ada perkecualian,” tandas dosen Matematika ITS ini. “Di sini menyenangkan, kami mengajarkan materi kepribadian, kepemimpinan, dan lainnya. Sebab di perusahaan skill ini sudah merupakan suatu syarat. Seperti di perusahaan saya yang lebih memilih seorang pelamar yang telah megikuti LKMM seperti ini,” imbuh Soehardjoprie yang juga pengusaha ini panjang lebar.

Awalnya, kesulitan ada pada dosen yang tidak semuanya tertarik menjadi pemandu. “Tapi, setelah dicoba, ternyata mereka menikmatinya, asyik. Dan ternyata mereka bisa menjadi seorang pemandu,” komentarnya lagi. Untuk itu, lanjut Soehardjoeprie, kemungkinan besar, dengan melihat antusiasme peserta, LKMM Pra-TD ala MIPA akan tetap diadakan untuk tahun depan. “Bisa jadi, kemungkinan besar akan kami adakan lagi dalam bentuk seperti ini,” imbuhnya.

Sementara itu, dari sisi peserta ternyata juga sangat menikmati LKMM Pra TD gaya baru yang digagas oleh fakultas MIPA. Ini dapat diketahui dari komentar-komentar yang terlontar dari para peserta berikut ini. Herlina, salah satu mahasiswa baru 2005 dari jurusan Matematika, mengungkapkan acara kali ini benar-benar menarik. “Wah asyik banget. Yang jadi pemandu dosen lagi, pokoknya seru. Apalagi konsumsinya juga enak, beda banget sama pengkaderan dulu,” kata mahasiswi berjilbab ini dengan antusias dan seketika meski tidak ditanya oleh wartawan ITS Online. Sedangkan Rahma, peserta lain turut serta mengungkapkan pendapat yang senada. “Seru, lucu. Apalagi tadi ada gamesnya,” komentar mahasiswi yang juga berasal dari jurusan Matematika ITS ini. (th@/tov)

Berita Terkait