ITS News

Kamis, 25 April 2024
24 November 2005, 18:11

ITS Akan Pasang Kamera Keamanan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pembantu Rektor II ITS, Ir Raden Syarief Widjaja PhD, menceritakan awal dirinya masuk di jajaran rektorat, kebutuhan fasilitas amat luar biasa. Saat itu di ITS masih menumpuk sampah, dan listrik sering mati. “Kita ini bergerak di bidang layanan, oleh karena itu satu hal penting yang diperhatikan yaitu perilaku kepada customer,” ungkapnya. Diharapkan nantinya akan timbul rasa rasa cinta kepada instansi. Salah satu contoh wujud cinta pelanggan kepada instansi yaitu munculnya mitra.

Seperti di kampus ITS, program yang dijalankan Rektorat dalam menanamkan rasa cinta, mulai dari lingkup kecil semisal jurusan. “Sekarang tiap jurusan berlomba-lomba untuk bersih-bersih. Mulai muncul keinginan dan kesadaran untuk perbaiki,” kata pria berkumis ini. Hal ini menunjukkan adanya respon yang baik dari pelayanan yang selama ini diberikan.

Sebagai pelayan, lanjut Syarief, ada tiga syarat yang harus diperhatikan dan dipelajari. Ketiganya adalah karakter pelanggan, sikap pelayanan, serta perangkat organisasi. Untuk pelayanan harus dilakukan seprofesional mungkin. Profesionalisme ini ditunjukkan dengan cepat tanggap menghadapi reaksi, serta dibarengi dengan santun dan sabar.

Untuk itu, dalam meningkatkan profesionalisme pelayanan ITS kepada stakeholdernya, ITS pun mengembangkan Pusat Pengendalian dan Pemeliharaan fasilitas (P3F). “Unit ini dibangun untuk memberi layananan prima, termasuk nanti akan ada hotline service 24 jam,” paparnya lagi.

Sedangkan dalam meningkatkan keamanan, juga akan ditambah satu sentra keamanan sebagai fasilitas penunjangnya. “Nanti akan dipasang monitor yang akan diputar 24 jam, kamera monitor ini akan ditempatkan pada empat gerbang, sehingga pantauan keamanan lebih banyak,” ungkap dosen ITS ini panjang lebar. Diperkirakan tiap monitor akan menghabiskan dana sekitar 28 juta rupiah.

Nantinya, monitoring kamera ini akan dipusatkan dalam ruangan khusus di BAAK. “Gambaran saya, ruangannya mewah, ada monitor keliling, dan di luar ada satu mobil dinas yang siap bertugas. Persis seperti yang ada di telivisi,” harap Syarief. Rencananya, di sana cukup ditempatkan dua orang petugas. Satu bagian terima telepon, dan lainnya yang melihat kamera. Monitoring ini mempunyai beberapa fungsi selain menjaga dari kemalingan yang selama ini sering terjadi di ITS. Fungsi lain itu adalah sebagai pemadam kebakaran, pengendalian banjir, monitoring listrik, dan drainase. Nah, itulah peran dan fungsi P3F yang akan dikembangkan sebagi sentra monitoring dan controlling di ITS. (th@/tov)

Berita Terkait