ITS News

Rabu, 24 April 2024
23 November 2005, 19:11

Lustrum 9 ITS Ditutup Lima Acara Akbar

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ramai, meriah tapi menyejukkan, mungkin itulah yang tergambar dari rangkaian kegiatan penutup lustrum pada Desember nanti. Sebab, setidaknya ada lima acara yang bakal menutup perayaan 45 tahun berdirinya ITS. Lima kegiatan yang direncanakan digelar adalah Wirid Ketentraman bersama KH Asrori, Festival Sholawat Al-Banjari, Pasar Seni Daerah, Diskusi dan Workshop “Tasawuf yang saya tahu”, serta Oldies dan Country Music Night bersama Tantowi Yahya.

Koordinator panitia wirid dan festival, Darmaji Ssi MT, Selasa (22/11), menjelaskan rangkaian kegiatan penutup ini akan diawali oleh pasar seni. "Sudah ada beberapa kabupaten yang akan berpartisipasi. Pasar seni ini akan digelar 8, 9 dan 10 Desember,” ungkap dosen Matematika ITS ini. Rencananya, pasar seni daerah akan ditempatkan di dekat pelataran Masjid Manarul Ilmi ITS (lapangan depan BAAK). Menariknya, produk yang akan ditawarkan lebih dikhususkan pada makanan khas daerah.

Sementara itu, juga diadakan acara diskusi dan workshop bertema "Tasawuf yang saya tahu" yang akan dilaksanakan pukul 13.00 di hari yang sama. Kegiatan yang dilokasikan di masjid manarul ilmi ITS ini akan menghadirkan Syech Mustafa Mas’ud, Drs Agus Sunyoto dan Dr Abdullah Syahab sebagai pembicara. Dalam mengabil tema, dikatakan Darmaji ada dua alasan. "Karena ilmu tasawuf merupakan sesuatu hal yang asing dan Diskusi ini juga bermaksud sebagai pengantar acara wirid ketentraman yang akan digelar Minggu (11/12) besoknya," paparnya.

Malamnya (9/12), akan dihelat festival Sholawat Al-Banjari. Sholawat ini tanpa menggunakan alat musik elektrik, hanya peralatan semacam rebana. Ada 12 grup dari 12 kabupaten kota se- Gerbang Kertosusilo plus Malang yang akan hadir dalam festival ini. Festival ini sendiri akan ditempatkan di lantai utara masjid manarul yang baru dibangun dan akan dilaksanakan jam tujuh malam. "Tahun kemarin juga pernah digelar festival ini, hanya saja kemarin masih se-Surabaya," kata pria asal Lamongan ini.

Bersamaan dengan festival Al-banjari, pada malam itu juga digelar Oldies & Music Country Night yang mendatangkan artis ibukota, Tantowi Yahya. Nantinya, acara ini akan ditempatkan di Graha ITS. Ditanya mengapa dilakukan dalam waktu yang bersamaan, sembari guyon Darmaji menjawab bahwa kedua acara ini (festival sholawat dan music country, red) mempunyai segmen yang berbeda. "Biarlah, segmennya kan beda," jawabnya sambil tersenyum. (th@/asa)

Berita Terkait