ITS News

Senin, 15 Agustus 2022
12 November 2005, 13:11

Alumni Teknik Kimia ITS Berkumpul Lagi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Acara Temu Alumni adalah program rutin Ikatan Alumni (IKA) Teknik Kimia (Tekkim) ITS, yang diadakan minimal dua tahun sekali. Namun tahun 2005 ini, acara semacam itu sudah dua kali dilakukan. Yang pertama bulan Maret lalu di Jakarta, dan yang kedua saat lustrum ke sembilan ITS di Surabaya.

Geliat alumni Tekkim ITS di Jakarta, dirangkum di perhelatan Reuni Akbar yang didalamnya diisi presentasi untuk meningkatkan interpreneurship dan enterpreneurship. Kegiatan tersebut dilaksanakan hari Minggu (20/3), di Gedung Pertemuan Pertamina Pusat, Jl. Medan Merdeka Timur 1A. Selain itu, reuni ini digelar bersamaan dengan event pergantian kepengurusan IKA Tekkim ITS Jabotabek. Target yang diharapkan di reuni akbar tersebut adalah semakin kuatnya networking alumni Teknik Kimia ITS dalam arti positif, yang secara tidak langsung merupakan sounding issue dari Visi IKA ITS yaitu perkuatan jejaring alumni ITS. Selain itu, segenap alumni yang hadir diharapkan memberikan saran maupun kritikan bagi kemajuan IKA Tekkim ITS Jabotabek.

Sedangkan reuni kedua di tahun 2005 ini lebih terfokus pada tukar informasi dan silaturahmi sesama alumni dari seluruh tempat dan angkatan. Seluruh alumni diundang dengan berbagai cara. Isroni, ketua Himpunan Tekkim ITS ini menjelaskan, “Undangan reuni ini disampaikan melalui Mailing List, Koran Surya, dan website IKA Teknik Kimia sendiri.” Mailing List tersebut adalah altekimits@yahoogroups.com, dan websitenya www.altekimits.com.

Selain dengan ketiga media tadi, cara pengundangannya, Dr Ir Imam Hidayat, ketua IKA Tekkim menambahkan, “Perlu inventarisasi data alumni sehingga mudah dihubungi. Juga penyebaran informasi bisa dipetakan berdasarkan angkatan, institusi, dan daerah. Misalnya kami memiliki alumnus menjabat sebagai direksi suatu institusi. Kami mengirimkan surat undangan kepadanya. Lalu dia bisa mengirim stafnya yang juga alumni Teknik Kimia ITS untuk datang bersama dia.” Sehingga dalam acara ini, sekitar 300 alumnus bisa datang merepresentasikan kehadiran seluruh angkatan yang ada.

Dengan network alumni yang kuat ini, IKA Tekkim ini bisa mengumpulkan dana sekitar 147 juta rupiah. Menurut Komisaris PT Semen Padang ini, dana tersebut digunakan untuk kegiatan temu alumni ini, kegiatan setahun IKA, dan pembangunan Kantor IKA Tekkim di Jakarta. “Yang nantinya kantor ini bisa membantu adik-adik yang ingin mencari peluang di sana,” tambah Imam. Hingga sekarang, jumlah alumni sekitar 3000 orang.

Menurut Imam, pada awalnya momentum Lustrum ITS ini yang jatuh hari Kamis (10/11) ingin dijadikan temu alumni. Tapi ternyata para lulusan Tekkim ITS lebih senang bertemu di kampus di mana mereka menuntut ilmu. Acara temu alumni ini juga dimeriahkan oleh hadirnya Kartolo, pelawak yang akrab berbahasa malang, suroboyoan, dan jawa timuran. (m4/mac/rin)

Berita Terkait