ITS News

Kamis, 25 April 2024
10 November 2005, 15:11

Smart Card ITS Kini Bisa untuk Telepon

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dikatakan Ketua Pusat Komputer ITS Dr Ir Ari Santoso ,DEA bahwa penambahan fasilitas dari aplikasi Smart Card ITS yang tidak hanya sebagai kartu mahasiswa itu akan terus dilakukan dan dikembangkan. “Kalau pada awal peluncurannya tahun lalu hanya digunakan untuk pembayaran dan fasilitas lain di perbankkan, kini dikembangkan lagi pemanfaatannya untuk penggunaan telepon dan perpustakaan,” katanya.

Ke depannya, Ari menambahkan, smart card akan dilengkapi dengan fasilitas pembayaran di kantin, parkir dan beberapa fasilitas yang kini sedang disiapkan ITS. “Ini dilakukan semata-mata untuk terus melakukan pelayanan lebih baik kepada para mahasiswa, karyawan dan juga dosen,” katanya.

Dihubungi terpisah Account Manager PT Telkom Divre V Jatim, Teguh Budi Karyno, mengatakan, pihaknya kini menyiapkan pembangunan 70 unit telepon khusus di lingkungan kampus ITS untuk mendukung pemanfaatan fasilitas Smart Card itu. “Kami perkirakan akan selesai hingga Januari mendatang, sehingga mahasiswa benar-benar bisa memanfaatkannya dengan maksimal,” katanya.

Teguh menjelaskan, dalam IP Pay Phone itu mahasiswa tidak perlu mengeluarkan uang saat melakukan hubungan telepon. Pembayaran akan dilakukan debet secara otomatis dari jumlah saldo yang ada didalam Smart Card. “Melalui cara ini kami berharap mahasiswa akan terbantu didalam melakukan komunikasi, tidak perlu lagi misalnya memiliki hand phone. Fasilitas penggunaan telepon tersebut diperuntukkan untuk sambungan interlokal dan hand phone, bukan untuk sambungan lokal,” katanya.

Teguh mengatakan, fasilitas yang dimiliki ITS ini merupakan yang pertama di perguruan tinggi. “Jika pemanfaatan teknologi ini berhasil mungkin kampus-kampus lain akan mengikuti apa yang kini dimiliki ITS, karena selain dapat memberikan pelayanan lebih mudah juga aman dan lebih praktis,” katanya.

Sementara Rektor ITS, Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA mengatakan, smart cad yang dimiliki ITS saat ini jauh lebih lengkap fasilitas aplikasinya ketimbang perguruan tinggi lain yang sudah punya lebih dulu. “Mungkin karena kami kalah dulu, maka kekurangan-kekurangan yang belum dimiliki oleh perguruan tingi lain bisa kami tambahkan di smart card ITS,” katanya.

Fasilitas smart card ini akan segera dibagikan kepada mahasiswa. Awalnya kepada mahasiswa baru dan selanjutnya akan diberikan kepada seluruh mahasiswa secara bertahap setiap angkatan. (Humas/ftr)

Berita Terkait