ITS News

Jumat, 19 Agustus 2022
01 November 2005, 13:11

ITS Ganti Logo

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menandai Dies Natalis ke-45 atau lustrum ke-9, 10 November nanti, ITS sedikit berubah "wajah". Salah satu yang berubah adalah gambar logonya. Logo lama yang sudah 45 tahun dipakai akan diganti logo baru yang lebih fresh dan mengesankan kedinamisan.

Jika dibandingkan logo ITS lama, ada beberapa perubahan yang cukup mendasar pada logo yang baru. Salah satunya adanya penambahan tulisan nama ITS beserta kepanjangannya. Sedangkan pada logo lama tidak ada nama ITS beserta kepanjangannya (Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Selain itu, perubahan juga ada pada perisai di belakang logo ITS. Sebelumnya, logo ITS hanya berdiri sendiri tanpa ada perisai yang melatarbelakangi.

Menurut Ketua Tim Review Identitas ITS Baroto Tavip Indrojarwo, perubahan logo itu dilakukan karena selama ini sebagian masyarakat tidak tahu kepanjangan ITS."Masyarakat sering menyebut kepanjangan ITS dengan Institut Teknologi Surabaya, padahal sebenarnya Institut Teknologi Sepuluh Nopember," jelasnya.

Selain itu, juga ada perubahan warna pada logo baru nanti. Yakni, warnanya tidak lagi menggunakan warna biru dan emas. Tapi hanya menggunakan satu warna saja, yaitu biru yang dihasilkan dari beberapa komposisi warna. (lihat gambar).

Dipaparkan, konsep identitas logo itu adalah lobogram: gambar roda gigi-Tugu Pahlawan-bunga Wijayakusuma dalam perisai, berarti semangat membangun kompetensi generasi muda dalam bidang teknologi selalu tertanam dan terbingkai di dalam hati seluruh civitas akademika ITS.

Warna biru ITS menggambarkan visi ITS seluas dan setinggi langit lazuardi dan selalu dapat beradaptasi dengan perubahan. Sedangkan logotype ITS didefinisikan dengan huruf Fritz Quadrata, yang berbentuk tegas dan sederhana, namun tetap memiliki nilai artistik (garis tebal-tipis) dan strip yang minimalis.

"Artinya bahwa kekuatan sejarah, pengalaman, dan senioritas ITS dalam bidang teknologi, semakin mempunyai daya saing dan adaptif dengan perubahan," jelas Baroto.

Nantinya, logo ini bakal diletakkan pada peralatan kantor, seragam, lingkungan kampus, gedung, cenderamata, media cetak dan elektronik serta animasi.

Meski berganti logo, pihak ITS tidak akan membuang logo lama. Logo lama
akan dijadikan prasasti. "Sedangkan logo baru dijadikan identitas untuk media komunikasi, publikasi, promosi, dan bisnis harian," paparnya.

Rektor ITS Muhammad Nuh menambahkan, salah satu tujuan penting perubahan logo ini adalah untuk membangun brand image ITS di masyarakat. "Bagaimanapun logo sangat berpengaruh dalam membangun citra pada konsumen," lanjut Nuh. (rth/ris)

Berita Terkait

ITS Media Center > Berita Utama > ITS Ganti Logo