ITS News

Selasa, 16 Agustus 2022
19 September 2005, 17:09

Peserta Muslat PKM Membludak

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Setiap tahun ITS selalu menggelar pemusatan latihan (muslat) untuk pembuatan karya ilmiah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2005. Kegiatan yang bertempat di gedung rektorat ini digelar selama tiga hari, Jumat-Minggu (16-18/9) kemarin. Antusiasme besar dari mahasiswa ITS ditunjukkan dengan membludaknya peserta hingga mencapai total sekitar dua ratus orang.

Acara muslat yang diadakan oleh tim pembina karya tulis ITS, ternyata meraih sukses. Terbukti, adanya peningkatan peserta yang datang pada hari H yang melebihi perkiraan. Namun, kenaikan peserta ini juga diharapkan sebanding dengan banyaknya mahasiswa ITS yang mengirimkan proposalnya untuk dikirim ke Jakarta, 10 Oktober mendatang.

Salah satu panitia mengatakan, seharusnya para peserta harus mendaftar dan memenuhi syarat pelatihan muslat ini. Syaratnya adalah menyerahkan proposal PKM melalui BEM atau langsung ke BAAK bagian kemahasiswaan. Namun, ternyata banyak peserta yang baru mendaftar dan menyerahkan proposal pada hari H. Akibatnya, peserta pun membludak. “Kami nggak bisa menolak, karena tahulah dari pihak rektorat sendiri nggak ingin ada penolakan,” ungkap Sussana, panitia acara.

Ini sesuai dengan keinginan ITS untuk mengirimkan proposal sebanyak-banyaknya ke Dikti. “Saat ini ITS menduduki peringkat ke tiga dalam hal keberhasilan jumlah banyaknya proposal PKM yang diterima Dikti, “ papar Innu, salah satu pembicara. ITS memang di peringkat ke tiga setelah IPB dan UGM.

Walaupun tidak ada juri PKM dari ITS, ITS berkeinginan mengirimkan proposal kreativitas mahasiswa melebihi tahun lalu. “Total proposal tahun kemarin yang diterima Dikti yaitu dua ratusan,” ungkap dosen matematika ITS ini. Sebagai informasi, tahun 2005, 18 proposal ITS diterima Dikti dari 60 proposal yang dikirimkan. Ini merupakan prestasi membanggakan yang patut untuk dikembangkan. (th@/rin)

Berita Terkait