ITS News

Jumat, 19 Agustus 2022
10 September 2005, 17:09

Model Baru, Foto Wisuda dengan Background ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menelusuri deretan studio foto dadakan yang didirikan dalam wisuda ITS hari ini, tidaklah ada yang aneh. Seperti biasa, pekerjanya sedang sibuk menyiapkan kamera, menata lampu dan menggeber layar background foto. Pemandangan alam dan rak yang dipenuhi buku warna-warni seperti menjadi hal yang sudah wajib menjadi latar belakang foto para wisudawan. Sampai akhirnya ITS Online berada di sisi kanan Graha ITS, terlihat sebuah foto studio yang berbeda. Bersih, tanpa adanya layar berwarna-warni. Hanya terlihat dua unit komputer, sebuah foto digital mini, printer extra besar dan sederetan contoh background yang dipajang di meja.

Adalah foto studio milik BEM Fakultas Teknologi Industri, satu-satunya foto studio wisuda yang menawarkan background berbeda. Mereka menyediakan bermacam-macam pilihan latar belakang foto bangunan, diantaranya papan nama di bundaran ITS, gedung rektorat dan papan nama seluruh jurusan di ITS.

Hal ini tentu saja menguntungkan studio mereka, karena biasanya wisudawan ingin mengabadikan saat-saat terakhirnya di kampus dengan foto berlatar bangunan ITS. “Umumnya wisudawan ingin berfoto dengan background yang ada ITS-nya. Daripada berusah-susah dan kepananasan, kan lebih baik foto disini,” ujar Yunita, mahasiswi Teknik Industri.

Harga yang ditawarkan pun tergolong murah. Bahkan mereka berani memasang tulisan ‘harga mahasiswa’ sebagai jargon promosi. Untuk cetak foto ukuran A3 saja, hanya seharga 30 ribu dan A4 hanya 15 ribu. Hasil cetakan mereka di atas kertas foto juga tergolong baik, cerah dan jelas. Nilai jual studio ini juga bertambah karena hasil cetakan mereka tak perlu ditunggu lama. Usai diambil gambar, foto tinggal diedit sesuai selera pemesan dan langsung dicetak melalui printer.

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, foto studio yang dinamai Imajinasi ini kontan saja dikerubuti banyak wisudawan. Ide BEM FTI ini memang tergolong belum pernah dilakukan sebelumnya. Para wisudawan beserta teman dan keluarganya pun terlihat senang memilih-milih background yang diinginkan. “Selain jurusan masing-masing, kebanyakan mereka memilih background papan nama ITS di bundaran ini,” papar Yunita.

Menurut Yunita, BEM FTI melalui Divisi Kewirausahaan (KWU) telah lama mendirikan foto studio saat wisuda seperti hari ini. Namun biasanya mereka bekerjasama dengan foto studio umum. Dan kali ini mereka menggunakan alat-alat sendiri, sehigga keuntungan yang diperoleh bisa lebih besar.(ftr/rin)

Berita Terkait