ITS News

Kamis, 18 Agustus 2022
03 September 2005, 13:09

ITS Award di Lustrum ke-9

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyiapkan penghargaan khusus bagi ide-ide kreatif karya lembaga maupun perorangan yang bermanfaat untuk lingkungan. Namanya ITS Award. Penghargaan itu untuk menandai 45 tahun atau lustrum ke-9 ITS, 10 November mendatang.

Menurut ketua panitia ITS Award Dra Agnes Tuti Rumiati, ada empat kategori yang dilombakan. Yaitu masalah lingkungan hidup, pengentasan kemiskinan, pengembangan teknologi tepat guna, dan penerapan hak atas kekayaan intelektual.

Syarat utamanya, karya yang diikutkan lomba harus sudah diujicoba dan terbukti memberikan manfaat bagi masyarakat. Karya itu tidak harus berbentuk penemuan fisik, tapi juga penemuan yang tidak berwujud. "Misalnya, konsep lelang anak asuh (seperti yang dilakukan Baitul Mal Hidayatullah, Red.) yang ternyata banyak memberikan manfaat bagi masyarakat," kata Agnes dalam jumpa pers kemarin.

Panitia ITS Award sudah mengirimkan undangan kepada calon peserta yang tersebar di 38 kota se-Jawa Timur. "Tapi, kita juga tetap membuka pendaftaran untuk umum. Mereka harus memasukkan proposalnya ke panitia," kata Agnes.

Pengiriman proposal paling lambat 7 Oktober mendatang. Proposal peserta akan diseleksi untuk diambil lima terbaik di masing-masing kategori. Nah, lima terbaik inilah yang nanti ditampilkan dalam pameran yang akan digelar di Plaza Tunjungan, 19-20 November mendatang.

"Diharapkan, nanti ada semacam diskusi antara masyarakat dan pencetus ide itu. Jika ada yang tertarik, maka itu menjadi salah satu keuntungan penemunya. Dia mungkin bisa menjual karyanya," lanjut wanita berambut lurus ini. (ris)

Berita Terkait