ITS News

Minggu, 07 Agustus 2022
01 September 2005, 16:09

ITS Menuju Kontes Robot Selanjutnya

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Di Indonesia sendiri nama ITS telah menjadi kiblat robotika. Itu setelah ITS menggenggam terus penghargaan di Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) dan Kontes Robot Indonesia (KRI). Permasalahannya sekarang, siapkah ITS untuk tampil lagi bahkan menjadi juara di kontes robot internasional tahun depan?

Dikatakan Ir Gigih Prabowo, kontes tahun depan telah ditentukan di Kuala Lumpur, Malaysia. Temanya pun telah ditentukan oleh panitia yaitu membangun menara Petronas. "Kita sudah dilihatkan video garis besar kontes tahun depan,” kata dosen PENS ITS ini.

Di Kuala Lumpur nanti, kata Gigih, akan lebih sulit dari Beijing meski teknologi yang digunakan tidak jauh berbeda. Itu karena pertandingannya punya tingkat kesulitan dan kecermatan yang tinggi. Lebih lanjut megenai hal itu, Gigih menjelaskan berdasarkan video garis besar kontes yang telah dilihatnya.

Di kontes itu, peserta diharuskan membangun dua menara dari tiang tinggi dan tiga jembatan dari stik pendek. Menara dan jembatan itu dibangun dengan mengisikan lempengan berupa tapal kuda. Untuk jembatan dibutuhkan tiga tapal kuda sedangkan menara delapan tapal kuda. ”Memang terlihat lebih rumit. Dan untuk aturan detailnya memang belum kita dapat. Tapi diharap Oktober sudah ada sosialisasi tingkat lokal Indonesia,” kata Gigih.

PENS ITS sendiri dikatakan Gigih akan segera membentuk tim melalui rekrutmen. ”Agar ITS bisa tampil lagi mewakili Indonesia. Rekrutmen akan kita majukan untuk persiapan,” katanya.

Sementara itu, Sigit Hardiyono, Ketua tim Askaf-i berpesan kepada penerusnya yang akan berlaga di kontes selanjutnya agar lebih kreatif dalam menyusun strategi. Meskipun teknologi tidak kalah, namun ia juga berpesan supaya kuat mental dalam menghadapi lawan. ”Selain itu jumlah kru kalau bisa ditambah karena menjelang pertandingan akan ada banyak seremonial yang memakan anggota kru. Padahal saat itu pula harus ada yang standby di pitstop,” pesan pemuda berjenggot ini. (asa/rin)

Berita Terkait