ITS News

Selasa, 23 April 2024
23 Agustus 2005, 10:08

ITS Tangani Predict Bersama Jepang

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sekali lagi, ITS dipercaya Jepang untuk diajak kerjasama. Kali ini, Jepang melalui JICA mendanai Predict (Project for Research and Education in ICT). Dalam lingkup perguruan tinggi se-Indonesia, hanya ITS yang dilibatkan di proyek yang rencananya akan dilaksanakan akhir November atau awal Desember 2005. Tiga jurusan di ITS, yaitu Teknik Elektro, Teknik Informatika dan Sistem Informasi, dilibatkan untuk menangani proyek ini. “Kita akan melakukan penelitian bersama dengan periode hingga tiga tahun,” ungkap Dr Wirawan yang juga tim Pelaksana ICT.

Lalu adakah hubungannya dengan labolatorium elektro? Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Elektro termasuk jurusan yang ikut terlibat dalam proyek ini. Salah satu perannya dengan menyediakan kelima belas laboratoriumnya sebagai tempat penelitian. “Dalam kerjasama ini, akan dilakukan kolaborasi dua labolatorium,” tambah Wirawan. Artinya, satu dari ITS dan lainnya laboratorium di Universitas Jepang.

Selain menggandeng tiga jurusan di ITS, proyek ini juga melibatkan peneliti dari PENS ITS dan dari Indonesia Timur. “Untuk bagian timur, target kita ada lima yaitu Udayana, Universitas Mataram, Universitas Mulawarman, Samratulagi- Manado dan Universitas Sains dan Teknologi Jayapura,” kata dosen Elektro ini.

Namun, penelitian yang dilakukan tidak sembarangan. “Direncanakan minimum 12 topik penelitian selama tiga tahun, dan setiap topik yang akan diteliti akan melewati tahapan seleksi dahulu,” jelas Kepala Lab. Multimedia Elektro ini. Hasil yang diraih, lanjut Wirawan, berupa penelitian yang berkualitas internasional. “Akan dipublikasikan melalui seminar dan jurnal internasional, bisa jadi nanti ada yang dipatenkan,” imbuhnya.(th@/rin)

Berita Terkait