ITS News

Selasa, 09 Agustus 2022
22 Juli 2005, 16:07

Juara Pimnas Bebas SPP

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Arena Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XVIII di Padang kemarin, 11-16 Juli membuat ITS Surabaya menoreh prestasi besar. ITS boleh berbangga karena memenangkan banyak nomor kejuaraan nasional. Sepuluh penghargaan diraih dalam ajang bergengsi pertemuan ilmiah mahasiswa tahunan perguruan tinggi se-Indonesia yang berlangsung di Universitas Andalas (Unand), Padang.

Sepuluh kejuaraan yang dicapai tim presentasi ITS yaitu Juara Program Kreativitas Mahasiswa Teknologi (PKMT), Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) bidang IPS, PKM Penelitian (PKMP) yang dikategorikan sebagai penyaji terbaik. Sedangkan lainnya meliputi Pemenang lomba Fotografi, Karikatur, dua Poster Ilmiah, dua poster non ilmiah, dan penampilan stan terbaik.

Rektor ITS, Prof Dr Muhammad Nuh DEA menyambut tim Pimnas ITS, Rabu (20/7) di gedung Rektorat. Ia mengatakan stan ITS yang keluar sebagai juara satu memang menyajikan produk berbeda dengan kampus lain. Gelar produk ilmiah ITS mampu menunjukkan karakter ITS yang merupakan Perguruan Tinggi berbasis teknik. “Berkarakter, stan teknologi,” ungkap Nuh. Nuh mengungkapkan yang disuguhkan ITS benar-benar mencerminkan jati diri ITS yang sesungguhnya.

Nuh mengungkap unsur atraktif merupakan sesuatu yang dapat menarik minat pengunjung untuk melihat stan ITS. “Ketertarikan mereka bukan karena demo masak,” komentarnya seraya menyindir perguruan tinggi lain yang memang menyedot pengunjung dengan cara demikian. Namun, ada transfer of value atau knowledge yang ‘ditularkan’ kepada masyarakat. Memang stan ITS menyajikan teknologi yang bermanfaat untuk masyarakat Padang dan peserta khususnya. Kebanyakan produk yang disajikan berupa robot diantaranya Robot pemenang utama KRCI 2005, Robot Lengan, Robot Tracking dan Robot Pengecat otomatis. Maket Rumah ITS untuk Aceh (RIA) dan software gamelan juga ikut serta tampil.

Selain itu, ITS akan memberikan hadiah kepada pemenang Pimnas. “Yang pasti juara satu akan bebas SPP setahun,” ungkap Jazidie. Sedangkan juara II kemungkinan akan digratiskan SPP selama satu semester. Salah satu pemenang sempat berkomentar. “Apakah yang Ekstensi juga akan dibebaskan SPP?” tanya Dini, juara satu dan dua kategori Poster. Mendengar pertanyaan itu PR III langsung mengiyakan. “Setiap juara nasional, ITS akan memberikan hadiah SPP gratis, walaupun ekstensi,” ujar Jazidie. Jawaban ini membuat Dini tersenyum bahagia. (th@/tov)

Berita Terkait