ITS News

Senin, 17 Juni 2024
28 Juni 2005, 16:06

Lagi, ITS Kerahkan Timnya Dalam Quick Count Pilkada

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

ITS melalui Unit Pengkajian dan Pengembangan Potensi Daerah-Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP3D-LPPM ITS) kembali mengadakan Perhitungan Cepat atau Quick Count. Quick Count ini dilakukan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surabaya 2005-2009. Konstribusi ini tak lain agar masyarakat dapat segera mengetahui hasil perhitungan suara dengan cepat dan akurat.

Mungkin timbul dibenak kita, mengapa ITS sebagai institusi pendidikan turut serta dalam pilkada yang notabene merupakan masalah pemerintahan. Pertanyaan ini dijawab Dra. Agnes Tuti Rumiati Msc, ketua pelaksana Quick Count ITS. “Kita ingin membuktikan ITS punya teknologi untuk diterapkan,” ungkapnya. Artinya, ITS ingin memberi kontribusi nyata untuk Surabaya, walaupun dengan hal kecil seperti ini. Selain itu, ini membuktikan Kampus ITS mempunyai kepedulian terhadap yang terjadi di lingkungan sekitarnya, peduli pembangunan Surabaya serta peduli tentang kebersihan kejujuran sistem Pilkada.

Pengarahan Quick Count kepada tim Surveyor ITS
Briefing kepada 192 tim Surveyor yang sebagian besar adalah mahasiswa dan alumni ITS dilakukan pada Jumat (24/6) di Gedung Rektorat. Kegiatan pengarahan Quick Count kepada surveyor ITS ini dibagi menjadi dua gelombang. Nantinya mereka akan diterjunkan pada 4872 TPS yang tersebar di 168 kelurahan dan 31 kecamatan.

Penanggung jawab kegiatan ini, Gita Criestya mengatakan setiap surveyor rata-rata kebagian 25 TPS. Ia juga mengharapkan kejujuran para surveyor karena ini membawa nama ITS. Alumnus mahasiswa Statistika ITS menjelaskan tim UP3D telah melakukan survey sebelumnya kepada sekitar 12 ribu orang tentang Pilkada. “Dari sample itu kami sudah tau ancer-ancernya,” jelasnya lagi. Maksudnya, ia sudah memperkirakan pemenang tiap daerah. Sehingga, kalau ada surveyor yang curang pasti akan diketahui.

Untuk Quick Count ini, ITS telah bekerjasama dengan Jawa Post. “Usahakan hasilnya dikirim sebelum jam setengah tiga,” kata Gita menegaskan kepada tim surveyor. Karena pihaknya akan melaporkan hasilnya jam setengah tiga ke jawa Post. “Jam 4 mereka akan cetak,” ungkapnya lagi.

Hasil Perhitungan Suara
Informasi perkembangan baru hasil sementara perhitungan suara yang masuk melalui Quick Count hingga Selasa (28/6) diperoleh siang tadi. Para Surveyor telah mengirimkan hasil 4144 TPS dari 4872 TPS yang direncanakan. Pencoblosnya sebesar 855.532 dari 1.620.173 pemilih. Calon satu hingga empat dengan perolehan suara masing-masing adalah 156.686, 425.221, 77.887, dan 170.661. Sedangkan 35.311 merupakan suara tidak sah. (th@/rin)

Berita Terkait