ITS News

Kamis, 18 Agustus 2022
28 Juni 2005, 09:06

Halte Bus SPMB, Layanan ITS Untuk Calon Mahasiswa

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pelayanan ini dimulai dari jam 08.00 sampai jam 15.00 dan berangkat tiap 20 menit sekali dari portal Asrama Mahasiswa ITS ke Graha ITS pulang pergi. Transportasi yang digunakan adalah mini bus Isuzu ELF. Kendaraan berplat merah dengan Nomor L 9953 H tersebut berkapasitas standar 12 penumpang.

Pada hari Senin (27/6) saat Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) berlangsung pelayanan ini tetap berjalan walaupun pegawai lainnya di ITS libur. ”Halte bus ini mulai Jam 11 siang setelah Pilkada. Padahal yang lainnya libur, kami tetap jalan,” kata Wahyudiono, supir mini bus ini. Untuk hari selanjutnya pelayanan dimulai jam 08.00.

Walaupun standarnya adalah 12 orang, tapi bisa saja kalau penumpangnya sudah waktunya, transportasi gratis ini berangkat. ”standar bangku adalah 12 penumpang, tetapi pernah, kalau sudah ada penumpang enam atau delapan kami tetap angkat. Jumlah penumpang pernah sampai 18 orang,” kata wahyu.

Pelayanan berupa halte Bus SPMB di ITS ini sudah dimulai sejak tahun 2004 saat ITS menjadi tuan rumah SPMB untuk wilayah C (jawa timur sampai Indonesia Timur). Namun banyak masyarakat terutama calon mahasiswa yang belum mengetahui pelayanan ini, bahkan supir merasa dikira sebagai pengganggu oleh para calon mahasiswa. Kata karyawan kemahasiswaan ini, ”Ada beberapa calon mahasiswa yang mengira kami ini penggangu, padahal kami hanya menawarkan jasa.”

Sempat terjadi calon mahasiswa yang mulanya di portal asrama mahasiswa ITS menolak pelayanan ini tetapi minta dijemput saat bus ini melewati GOR (Gelanggang olahraga) atau lapangan basket ITS. ”Pernah kami mengajak yang mau mendaftar SPMB malah nanya SPMB itu apa, Pak. Anehkan? Tetapi saat bus ini berangkat baru mereka percaya kalau bus ini pelayanan yang akan mengantar mereka ke Graha ITS, tempat pendaftaran SPMB.” kata Wahyu.

Portal asrama Mahasiswa ITS memang ramai, banyak calon mahasiswa ITS yang berhenti di sana dahulu lalu melajutkan ke Graha ITS. Saking ramainya, hingga ada saja becak yang ikut menunggu calon penumpangnya di sana seperti pada hari Selasa (28/6) sekitar jam 14.30 WIB. Saat itu ada tiga calon mahasiswa yang langsung saja menaiki bus ini. Pelayanan ini khusus saat pendaftaran SPMB saja hingga hari sabtu (2/7). Pada waktu pelaksaanan ujian SPMB tidak ada pelayanan seperti ini. (mac/sep)

Berita Terkait