ITS News

Jumat, 12 Agustus 2022
04 Juni 2005, 01:06

Kayuh Sepeda Pancal sambil Kampanyekan Lingkungan Hidup

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bukan hanya sebagai even olahraga, rally sepeda pancal yang diadakan PLH Siklus ternyata lebih memiliki misi khusus mengenai lingkungan hidup. Seperti yang dikatakan Habibie, ketua panitia memperingati Hari Bumi se-dunia PLH Siklus kepada ITS Online di meja pendaftaran peserta rally, Jumat (3/6). “Lewat rally sepeda pancal ini kami berharap dapat mengingatkan masyarakat tentang bahaya pencemaran udara,” katanya.

Diungkapkan Habibie, saat ini tingkat pencemaran udara di semua kota besar di dunia, termasuk Indonesia telah memasuki taraf yang mengkhawatirkan. Di Surabaya saja, dicontohkan Habibie, jumlah kendaraan bermotor sudah tak terkontrol banyaknya oleh pemerintah. “Belum lagi masalah pencemaran kendaraan bermotor yang tidak terawat, mencakup kendaraan publik dan pemerintah seperti Bis Damri yang emisi gas buangnya melewati ambang batas,” tambah mahasiswa D3 Teknik Mesin ITS angkatan 2003 ini.

Untuk itu, Habibie bersama rekan-rekan dari PLH Siklus, pada hari Minggu (5/6) besok mengadakan rally sepeda pancal keliling kota Surabaya, dengan rute ITS – Bundaran Waru – Tugu Pahlawan – Balai Pemuda – ITS. Dengan sepeda pancal dimaksudkannya dapat menjadi ikon kendaraan yang bebas dari masalah pencemaran udara.

“Selama bersepeda, Di beberapa titik yang memungkinkan, kita juga akan melakukan aksi kampanye tentang bahaya pencemaran udara kepada masyarakat,” Kata Habibie. Kampanye yang dimaksud dapat berupa aksi pembagian pamflet berisi tips-tips untuk mengurangi polusi.

Selain bersepeda keliling kota Surabaya, PLH Siklus juga mengadakan aksi sambang DPRD tingkat II Surabaya pada Senin (6/6). Rencananya, di kantor dewan nanti, di samping mendengar penjelasan dan pendapat anggota DPRD mengenai pencemaran udara di kota Surabaya, pihaknya juga akan meminta secara tegas kepada Pemerintah Kota Surabaya agar memberlakukan pembatasan emisi gas buang kendaraan bermotor dan industri. Siklus juga meminta diadakannya uji emisi gas buang kendaraan bermotor secara kontinu untuk uji kelayakan.

Habibie juga mengungkapkan, dalam rangkaian kegiatannya itu, anggota Siklus juga akan mengadakan rally Surabaya-Bali bersepeda pancal (7-12/6), dimana juga diadakan kampanye pencemaran udara selama perjalanan rombongan. "Kami berharap melalui kegiatan rally ini masyarakat akan tergerak dan berubah menjadi lebih sadar lingkungan hidup," katanya.

Setidaknya, sudah ada 100 orang sukarelawan, mayoritas civitas ITS yang mendaftarkan diri untuk rally keliling Surabaya, Minggu besok. Pendaftaran rally sepeda pancal sepenuhnya tidak dipungut biaya. Dan, bagi yang sudah mendaftar dapat mengikuti technical meeting di PLH Siklus ITS pada hari Sabtu ini, (4/6), pukul empat sore. (asa/tov)

Berita Terkait