ITS News

Minggu, 07 Agustus 2022
21 Mei 2005, 12:05

Rektor ITS Ajak Mahasiswa Hijaukan Kawasan Kampus

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menindaklanjuti gerakan penghijauan yang dilakukan oleh Gubernur Jatim, Imam Utomo dan penjabat Walikota Surabaya, Chusnul Arifin Damuri, beberapa waktu lalu, Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jumat (20/5) kemarin, mengajak seluruh citivas akademika ITS untuk menghijaukan kampus teknik di wilayah Sukolilo ini.

Dalam upacara Gelar Pasukan Penanaman Pohon Secara Serentak di lingkungan Kampus ITS, Rektor ITS, Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA mengingatkan, apa yang dilakukan di dalam gerakan penanaman pohon ini merupakan bagian dari apa yang dilakukan oleh orang-orang cerdas. “Ciri orang cerdas antara lain bekerja atau melakukan sesuatu tidak untuk jangka pendek atau sesaat, tetapi bagimana apa yang dilakukannya itu bisa dinikmati atau dirasakan dikemudian hari oleh orang lain,” katanya di lapangan upacara di depan perpustakaan pusat ITS.

Dan inilah, kata Nuh menjelaskan, yang sedang kita lakukan di dalam upaya penanaman pohon. “Pohon yang kita tanam tidak mungkin hasilnya besok, luas atau tahun depan bisa kita nikmati, tapi baru terlihat setelah 10-15 tahun lagi,” katanya. Nuh juga mengingatkan tentang ciri orang cerdas lain yang semangatnya tidak dalam ukuran sesaat dan segera, tapi bagaimana sepeninggalannya, orang bisa merasakan hasil dari kerja yang telah dilakukan. “Inilah makna yang sedang kita lakukan didalam melakukan penghijauan dan penanaman di kampus,” terang Nuh.

Menurut rektor perguruan tinggi negeri termudah ini, apa yang dilakukan didalam penanaman pohon di lingkungan kampus juga merupakan ciri dari kampus yang sehat secara akademik dan sehat lingkungan fisisnya. “Dengan banyaknya pohon dan penghijauan, diharapkan kampus akan makin asri, kita akan makin ramah dengan lingkungan, yang itu semua diharapkan akan terimplementasi pula didalam kegiatan belajar-mengajar,” katanya. Seusai upacara, rektor dan rombongan meninjau beberapa lokasi penghijauan di sekitar kampus dan melakukan penanaman pohon di Jurusan Arsitektur.

Seperti diketahui, kegiatan penanaman pohon di lahan ITS ini merupakan bagian dari rencana untuk menghijaukan kota Surabaya seluas 400 hektar. Kampus ITS sendiri menyediakan 58 hektar lahannya untuk dihutankan dengan total 23.200 pohon. “Penanaman pohon kali ini merupakan bagian dari 23.200 pohon yang akan di tanam di kampus ITS ini. Dari jumlah itu sisa pohon yang belum tertanam tingal 8.000, dan ini kami serahkan kepada masing-masing jurusan dan unit kegiatan mahasiswa untuk melakukan penanaman di lingkungannya,” kata mantan Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS ini.

ITS memang telah merencanakan lahan yang dimiliki tidak hanya akan digunakan untuk pembangunan fasilitas pendidikan, tapi juga untuk penghijauan. Karena itu jauh sebelumnya, dalam master plan ITS memang telah menyiapkan lahan seluas 58 hektar untuk dijadikan hutan kota. “ITS sendiri berharap pohon-pohon yang ditanam tidak hanya semata untuk penghijauan dan resapan air, tapi sebaiknya bisa menghasilkan, sehingga banyak dihuni burung-burung dan bisa dijadikan sebagai objek eco-wisata,” katanya. (Huma/rin)

Berita Terkait