ITS News

Kamis, 11 Agustus 2022
03 Mei 2005, 16:05

Tilang pun Bisa Pakai HP

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seminar The Power of .Net in high Computing Application ini digelar pada Sabtu (30/4) kemarin, membahas teknologi terbaru yang dibuat yaitu Microsoft.NET. Bertempat di Auditorium Pascasarjana ITS acara ini mampu menampung lebih 300 peserta yang terdiri kalangan mahasiswa, akademisi, developer dan coorporate .

Fajar Baskoro, SKom MT, salah satu pembicara yang juga dari Research Institute for Web and Mobile Application (RIMA ITS) memberikan wacana dengan tema Computing System in Mobile Devices with .NET . Awalnya, ia menjelaskan tentang dotNET. dotNet merupakan sistem operasi yang berpocket Personal Computer (PC). Sedangkan pocket PC sendiri adalah sistem operasi perangkat mobile dan termasuk turunan Windows. Selain itu, juga sama dengan Sistem Operasi Symbian, Linux, Java, Palm, dan lainnya yang mudah untuk digunakan.

Lebih lanjut, Fajar menjelaskan lagi. Menurut survei, mulai tahun 2002 ternyata pertumbuhan pengguna telepon seluler lebih besar dibanding fixed telephone. “Perkembangan HP ini melebihi kakaknya,” kata dosen ITS ini menegaskan. Kakak yang dimaksud di sini adalah telepon yang lebih dulu muncul yaitu telepon rumah. Sehingga kebutuhan untuk mendukung teknologi ini pun juga semakin besar. Contohnya, untuk servis. Riset-riset teknologi harus selalu dilakukan agar dapat ditemukan terobosan baru yang dapat memudahkan pemakai.

Fajar lalu memutarkan potongan film yang menunjukkan kemajuan dari mobile phone. Disitu ditunjukkan seorang polisi wanita yang menilang kendaraan dengan menggunakan mobile application. Ini biasa terjadi di luar negeri seperti Amerika dan Eropa. Fajar juga mengatakan bahwa nantinya ada HP yang bisa digunakan untuk mengejar penjahat. “Mencarinya dengan kata Where are U,” katanya. Hasilnya, segera didapat posisinya dimana. “Tapi itu kalau bisa ketemu,” ujarnya guyon dan kemudian diiringi gemuruh tawa peserta.

Di sisi lain, Ia mengandaikan .NET ini seperti seorang gadis cantik yang manja. “Uang harus banyak untuk bisa mendekatinya,” ungkap Fajar. Maksudnya, fasilitas yang didapat bagus dengan memori yang dibutuhkan sedikit tapi harganya pun sebanding dengan kualitasnya itu.(th@/tov)

Berita Terkait