ITS News

Rabu, 24 April 2024
30 April 2005, 03:04

Makin Mudah dengan SIC

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam seminar yang diadakan di hari kedua LCEN ini bertindak sebagai pembicara utama adalah Yanto Setiawan MEng, dari PT Telkom Divre V Jawa Timur. Membawakan materi “ Layanan Kampus Berbasis Teknologi Informasi”, Yanto memaparkan sejauh mana konsep Smart and Intelegent Campus (SIC) telah dilakukan di ITS dan rencana pengembangannya ke depan.

Untuk pengembangan SIC ini ITS bekerja sama dengan PT Telkom yang merupakan penyedia layanan informasi terbesar di Indonesia. Sudah beberapa layanan berbasis IT untuk mempermudah kegiatan perkuliahan yang diterapkan. Antara lain adalah ‘Hallo Perguruan Tinggi’ dan ‘SMS Campus’.

Dengan ‘Hallo Perguruan Tinggi’ ini para mahasiswa ITS maupun orang tuanya bisa dengan mudah memperoleh informasi kegiatan perkuliahan dengan cukup menelpon pusat layanan ITS. “Untuk layanan ini dibutuhkan sistem yang stand by 24 jam untuk itu kami menggunakan sistem Interactive Voice Respont,” jelasnya.

Menurut Yanto data ini disimpan dalam bentuk suara dan akan direspon ketika ada penelepon. “Informasi yang diminta bisa berupa nilai IPK , biaya kuliah, informasi SKS, jadwal ujian atau mengisi voting,” jelas Yanto.

Layanan yang lain dalah ‘SMS Campus’. “Hampir sama dengan ‘Hallo Perguruan Tinggi’ hanya saja request dan informasinya dalam bentuk SMS,” terang Yanto. Informasi ini bisa diakses di nomer 7890 dengan biaya sekitar Rp 1000. Sistem ini juga bisa melayani pengguna selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

“Ini sangat memudahkan sekali sehingga orang tua misalnya tidak perlu jauh-jauh datang ke ITS hanya untuk tahu IPK anaknya. Dengan ‘SMS Campus’ ini cukup dengan 1000 rupiah dan hasil yang sama,” lanjut Yanto.

Layanan lain yang sedang dikembangkan adalah kuliah interaktif dengan teleconference. Layanan yang menggunanakan jalur internet ini sangat membantu kegiatan perkuliahan. "Dengan layanan ini kuliah bisa tetap dijalankan meski dosen tidak bisa hadir, yaitu dengan teleconference. Selain itu bisa juga dipakai untuk asistensi dengan dosen ketika sedang sibuk,” jelas Yanto.

Dalam seminar ini juga dijelaskan berbagai hal teknis yang berhubungan dengan layanan-layanan Smart and Intelegent Campus, mulai penyimpanan data hingga transfernya melalui internet.

Seminar ini diselenggarakan disela-sela penyelenggaraan LCEN yang telah dilakukan untuk kali ke 10 ini dan mengundang minat banyak peserta yang juga pengunjung LCEN. Peserta seminar pun cukup antusias. Apalagi ketika pihak sponsor membagi doorprize dan mengadakan berbagai quiz untuk meneymarakkan seminar acara. (rif/sep)

Berita Terkait