ITS News

Selasa, 09 Agustus 2022
19 April 2005, 15:04

Training Gratis Empat Program Komputer

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat terutama mahasiswa, Pendidikan Sistem Aplikasi Bisnis (PASTI) ITS, mengadakan empat program training gratis. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari berturut-turut, hingga Minggu (17/4) kemarin ini hanya terbatas untuk 90 peserta dari kampus se- Surabaya.

Ketua panitia training, Nugroho Priyono mengatakan, kegiatan ini merupakan program tahunan PASTI. Jadi, untuk eksternal sudah pernah dilakukan dua kali. “Tetapi, rencana ke depan frekuansinya menjadi tiap semester,” jelasnya. Artinya, setahun akan ada dua kali training gratis. Ini karena animo masyarakat yang tinggi. Untuk pendaftar saja tercatat tiga kali lipat dari kapasitas total. “Terpaksa kami menolak sebab kapasitas hanya 20-an tiap jenis training,” ungkap Priyo. Ke depan, untuk jenis program yang diberikan akan disesuaikan dengan kondisi pasar dan kemampuan yang ada.

Aplikasi MYOB dan SPSS dilaksanakan Sabtu (16/4) secara bersamaan. “Kapasitasnya
SPSS 20 dan MYOB 25 orang, sesuai jumlah komputer di lab,” ungkap alumni Teknik Industri ITS ini. MYOB dipilih sebagai program training karena merupakan program akuntansi. Apalagi acconting ini banyak digunakan di dunia industri dan bisnis. Misalnya, untuk membuat jurnal, laporan keuangan, rugi laba, dan lainnya. “Ini berupa software, sesuai tuntutan jaman yang ingin semua dihandel cepat dan efisien,” tegasnya lagi.

Sedangkan pada Minggu (17/4) giliran Correl Draw dan Microsoft Power Point. Sekitar 20 peserta mengikuti training mengenai Microsoft Power Point dan 25 orang memenuhi ruangan training Correl Draw. Berbeda dengan Correl Draw yang lebih kepada cara mendesain gambar tiga dua dimensi. Power Point ditujukan untuk melatih membuat presentasi yang baik. “Presentasi ini dibutuhkan terutama bagi yang akan TA,” papar Priyo.Terakhir, ia menjelaskan output yang diharapkan.” Share knowledge, agar mengerti program ini,” kata sekretaris PASTI ini. Selain itu, training ini merupakan salah satu bentuk inovasi pemasaran lembaganya. (th@/rin)

Berita Terkait