ITS News

Rabu, 24 April 2024
18 April 2005, 15:04

Zein: Semua Pengalaman Tidak Harus Dialami

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Be Smart and Confident, itulah inti adanya Smart Interpersonal Development Training yang diadakan Himpunan Mahasiswa Mesin. Pelatihan yang digelar selama dua hari (16-17/4) di ruang D.201 Teknik Mesin ini dipenuhi puluhan peserta. Mengundang Tim Trainer CELL, delapan materi yang berkaitan dengan kepribadian diri disampaikan kepada peserta.

M Zainal Abidin Ssi, salah satu pemandu mengatakan, jiwa kita tidak ada hubungannya dengan ilmu pengetahuan. Lebih detailnya, ia mencontohkan sex bebas. “Semakin dijelaskan tentang sex, maka akan membuat ruh semakin penasaran,” komentarnya. Ini tidak akan sejalan dengan ilmu pengetahuan yang memberikan wawasan untuk menolaknya.

Lebih lanjut, orang yang biasa dipanggil Bang Zein menuturkan, kecemerlangan diri ditentukan oleh tiga potensi diri. Ketiga potensi itu adalah jiwa, ruh, dan fisik yang semestinya seimbang. “Makanya jangan terlalu sibuk mengurusi fisik,” pesannya. Zein berpendapat kecenderungan orang cantik dan cakap itu mudah rapuh mentalnya. Yang paling penting adalah kekuatan inner-beauty yang terpancar secara alami dari dalam diri seseorang.

Zein lalu memaparkan, setiap orang banyak membicarakan pengalaman. Namun, tidak semua harus kita alami. “Ada sesuatu yang tidak harus dialami,” kata alumni ITS ini. Contohnya, orang tidak harus mati dulu untuk merasakannya. “Berzina juga tidak perlu dialami, kalau ingin mengalami ya nikah,” ujar Zein tegas. Setiap agama pasti ada tradisi puasa. Walaupun saat puasa fisik lemah, tapi ruh yang saat itu diberi makan.

Selain itu, manusia cenderung suka akan kejujuran. Apapun agamanya, setiap orang pasti suka orang jujur dan dapat dipercaya. “Semua ini muncul dari spirit anda sendiri,” ungkap Zein. (th@/rin)

Berita Terkait