ITS News

Kamis, 18 April 2024
08 April 2005, 13:04

Gubernur dan Penjabat Walikota Hijaukan Kawasan Kampus ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kegiatan Jumat Bersih yang diawali dengan senam pagi bersama dosen, karyawan dan pejabat ITS itu diikuti pula beberapa kepala dinas baik di tingkat propinsi maupun kota Surabaya serta ketua DPRD Surabaya. Usai melaksanakan senam pagi, gubernur, walikota, rektor dan beberapa pejabat lainnya kemudian melakukan penanaman pohon di ruas jalan yang sedang disiapkan ITS untuk fasilitas pejalan kaki sepanjang 850 meter dari bundaran ITS menuju ke perpustakaan.

Dikatakan walikota, kegiatan penanaman pohon di lahan ITS merupakan bagian dari rencana untuk menghijaukan kota Surabaya seluas 400 hektar. Kampus ITS sendiri menyediakan 58 hektar lahannya untuk dihutankan dengan total 23.200 pohon. “Penanaman pohon kali ini merupakan bagian dari 23.200 pohon yang akan di tanam di kampus ITS ini,” katanya.

ITS memang telah merencanakan lahan yang dimiliki tidak hanya akan digunakan untuk pembangunan fasilitas pendidikan, tapi juga untuk penghijauan. Karena itu jauh sebelumnya, dalam master plan ITS memang telah menyiapkan lahan seluas 58 hektar untuk dijadikan hutan kota. “ITS sendiri berharap pohon-pohon yang ditanami tidak hanya semata untuk penghijauan dan resapan air, tapi sebaiknya bisa menghasilkan, sehingga banyak dihuni burung-burung dan bisa dijadikan sebagai objek eco-wisata,” kata Rektor ITS Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA. (humas/bch)

Berita Terkait