ITS News

Jumat, 19 Agustus 2022
15 Maret 2005, 12:03

YANG PERTAMA DI FTK

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sebagai persiapan dalam menghadapi permasalahan dan tantangan yang akan terjadi, mahasiswa baru memerlukan sebuah kegiatan yang mendukung. Maka dari itu, Sabtu-Minggu (5-6/3) kemarin, ketiga himpunan mahasiswa di Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) mengadakan pelatihan dasar bersama.

Pelatihan dasar Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa Pra Tingkat Dasar (LKMM Pra-TD), yang mengusung tema "Mengembangkan Pola Pikir Mahasiswa Agar Mampu Beradaptasi Dan Bekerjasama Dalam Nuansa Kebersamaan FTK" itu dibuka langsung oleh dekan FTK Ir Ashjar Imron, MSc PhD.

Dalam pelatihan itu, puluhan mahasiswa baru FTK dibekali berbagai solusi untuk mengenal dan mengembangkan diri. Materi yang disampaikan merupakan sebuah awal untuk perbaikan potensi diri. "Materinya sudah ada dan itu terprogram dari SAC (Student Advisory Centre.red)," terang Adi, koordinator pemandu.

LKMM Pra-TD tersebut merupakan yang pertama kalinya diadakan di FTK. LKMM Pra-TD sebelumnya diadakan di tiap jurusan. Hal itu dimaksudkan untuk lebih merekatkan hubungan sesama mahasiswa FTK, setelah sekian lama terasa ada jarak antara mahasiswa di Fakultas tersebut.

Sekitar 140 mahasiswa baru FTK hadir dalam acara itu. Peserta terbagi dalam tujuh kelas dengan menggunakan ruang kelas di FTK. Selain peserta, para pemandu yang ada seluruhnya berasal dari lingkup FTK. Disana tercatat lebih dari 30 orang pemandu yang diundang. Selain pemandu, beberapa dosen FTK juga diundang untuk mengisi materi wawasan "History of FTK."

Dalam acara itu, terlihat para peserta begitu antusias dalam mengikuti. Meski mereka sempat menanyakan, kenapa tidak ada pemandu dari luar FTK. "Di FTK memiliki banyak pemandu, jadi dimanfaatkan dulu. Yang diundang terutama adalah yang senior dan yang baru saja mengikuti Pelatihan Pemandu (PP), untuk menambah jam terbang," jawab Adi.

Memang, lebih dari sepuluh pemandu yang ada baru saja lulus dari PP. "Pemanduan ini harus kami lakukan setelah mengikuti PP LKMM TD BEM ITS beberapa bulan yang lalu," ujar Ferry.

Pelatihan selanjutnya adalah LKMM Tingkat Dasar (TD) akan diadakan di tingkat jurusan. Namun, sempat ada usulan, LKMM TD diadakan se-FTK lagi. "Itu akan kita bicarakan nanti. Apabila bisa, ya se-FTK lagi, kalau tidak memungkinkan, ya di jurusan sendiri-sendiri," terang Sukardi, pemandu yang lain. (ech/sep)

Berita Terkait

ITS Media Center > Berita Utama > YANG PERTAMA DI FTK