ITS News

Kamis, 25 April 2024
15 Maret 2005, 12:03

WORKSHOP UNTUK S.O.P.

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Semakin berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), maka semakin beragam dan bermanfaat pula hasilnya. Demikian yang terjadi di segala bidang disiplin ilmu, termasuk kimia. Namun perkembangan itu juga diperlukan kemampuan institusi maupun individu yang memadai.

Sebagai langkah awal untuk pengembangan kemampuan diri, Jurusan Kimia FMIPA bekerja sama dengan TPSDP menyelenggarakan workshop yang bertajuk "Technological & Professional Skills Development Sector Project." Sebuah Workshop untuk menghasilkan dokumen SOP (Standard Operating Procedures).

"Sebenarnya kimia didesain untuk bisnis dan industri, kemudian ditransfer ke perguruan tinggi," jelas Ir Padono selaku narasumber. Dijelaskan pula oleh Padono beberapa paradigma peran perguruan tinggi di dunia.

"Di Indonesia masih di tingkat pertama, yaitu Agent of Education," terangnya. Ditambahkannya, kita ketinggalan dua tingkat dari perguruan tinggi yang masuk 200 terbaik dunia, yaitu sampai pada Agent of Technology and Knowledge Transfer.

Workshop tersebut merupakan hasil dari kerja keras Jurusan Kimia sejak setengah tahun lalu. "Ini hasil dari pengajuan proposal yang ketiga," jelas Beny, peserta yang sempat terlibat dalam panitia persiapan. Workshop itu bersifat Internal Jurusan Kimia, sehingga pesertanya terdiri dari dosen, karyawan dan mahasiswa Jurusan Kimia. "Meski internal, tapi kami juga mengundang beberapa narasumber dari luar," terang Fifi, salah satu panitia.

Workshop tersebut bertujuan untuk mengembangkan jurusan. Salah seorang narasumber sempat membandingkan visi misi Jurusan Kimia dengan jurusan lain, mengingat hal itu sangat menentukan kemajuan jurusan. Juga dijelaskan visi misi perusahaan minuman Pepsi Cola dan Ben & Jerry’s, dan visi misi Industrial & System Engineering Department, Wisconsin University.(ech/sep)

Berita Terkait

ITS Media Center > Berita Utama > WORKSHOP UNTUK S.O.P.