ITS News

Senin, 26 September 2022
15 Maret 2005, 12:03

Utamakan Image Building

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menyambut tahun ajaran baru 2003/2004 dan seiring dimulainya periode baru kepemimpinan ITS maka ITS kembali menyuguhkan sederet perubahan di sekitar lingkungan kampus ini. Kampus yang berdiri sejak tahun 1960 ini telah beberapa kali mengalami renovasi sampai menjadi seperti yang sekarang ini.

Giliran ITS dibawah Rektor Dr.Ir. Muh. Nuh,DEA. juga melakukan perubahan itu dan beliau ingin merenovasi ITS dari segi fisiknya lebih dulu. Ide ini tertuang dalam tiga garis besar strategi pengembangan, terutama yaitu image building. Visi itu semata-mata bertujuan membawa ITS menuju PTBHMN yang sebentar lagi akan terwujud dan mengarah ke International Recognition. Disini terlihat bahwa rektor ingin membawa nama ITS untuk menjadi peringkat Internasional, tidak hanya tingkat nasional saja.

Dibantu Pembantu Rektor II, Rektor mewujudkan visinya itu yang saat ini sudah dimulai. "Kami dari pihak rektorat memang ingin membuat semua penghuni di ITS ini merasa betah tinggal berlama-lama disini," komentar Ir. Sjarief Widjaja,Ph.D, Pembantu Rektor II. Pembangunan ini dimulai dari centernya ITS dulu, sekitar rektorat baru kemudian merembet ke daerah lain. Terlihat pada gedung rektorat dengan wajah baru sekarang menghantarkannya menduduki peringkat 6 dalam lomba kebersihan tahun ini.

Lalu urusan dana untuk membiayai itu semua tidak diambilkan mutlak dari iurannya mahasiswa. PR II yang juga Dosen di FTK mengaku sebisa mungkin melakukan penghematan dana di sana-sini. Keperluan yang membutuhkan dana jika tidak penting sekali akan diminimalkan seperti urusan ke luar negeri. Beliau berusaha menggalang dana dari berbagai sumber antara lain hibah, investor dan kerjasama. Jadi jangan heran kalau ada beberapa bangunan ITS kelak terpampang nama suatu perusahaan maupun instansi yang menyumbang.

Secara keseluruhan, renovasi ini ditargetkan dalam dua tahun. Sudah ada master plannya beserta tim pelaksananya, tinggal menunggu hasilnya. Karena ITS memiliki konsep mencari cara cerdas untuk menghidupi masyarakatnya menuju lembaga yang mandiri. (d1ti/bch)

Berita Terkait