ITS News

Sabtu, 02 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

UKM MALAYSIA JAJAKI KERJASAMA DENGAN FISIKA ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Senin pagi(29/07) kemarin Fisika ITS mendapat kunjungan beberapa orang dari Fisika Universiti Kebangsaan Malaysia(UKM).Delegasi Departemen Phyzik UKM malaysia menyempatkan diri hadir ke ITS dalam sela-sela acaranya menghadiri simposium nasional yang diadakan oleh Himpunan Fisikawan Indonesia / Indonesia Physic Assosiaciation(HFI/IPA) di Denpasar Bali yang juga bertepatan dengan Penutupan IPHO(International Pyhsics Olympiade).

Delegasi Fisika UKM Malaysia dipimpin oleh dua orang Profesornya yaitu Prof.Yahya dan Prof.Mat Soleh serta didampingi oleh beberapa mahasiswanya program Graduate(S2/S3).Pada kesempatan ini, mereka memaparkan penelitian yang sedang dikerjakan di Fisika UKM yaitu sensor bau.

Seperti diketahui bahwa UKM merupakan salah satu universitas terbaik di Malaysia.Hal itu dibuktikan dengan banyakanya bidang keahlian serta riset groupnya di Fisika UKM dibandingkan dengan yang ada di Fisika ITB maupun ITS sendiri.

Sedangkan jurusan Fisika ITS sendiri juga memaparkan penelitian dibidang Fisika Keramik ang sedang dikerjakan tim dari DR.Suasmoro, yang juga merupakan Dekan FMIPA.

Menurut, Drs.Zaenal Arifin,M.Si sekretaris Jurusan Fisika ITS, pertemuan ini untuk sementara hanya untuk penjajakan saja. "Kita dan UKM setidaknya penjajakan awal"katanya.

Dan rencanya Fisika UKM dan Fisika ITS telah setuju untuk melakukan riset bersama asalkan ada kesesuai topik permasalahannya. Disamping itu juga kemungkinan kerjasama untuk pertukaran mahasiswa.."Mereka ingin tahu riset kita dan mereka juga memaparkan riset mereka juga" ujar dosen yang mempunyai spesialisasi bidang korosi ini.

Menariknya, dalam pertemuan ini ternyata kedua orang profesor dari Malaysia itui merupakan lulusan ITB pada tahap doktorandusnya (tahap undergraduatenya)."Kedua professor itu pernah kuliah di Indonesia" jelasnya(blh/rom)

Berita Terkait