ITS News

Kamis, 30 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

UAS Ganjil, lancar dan tertib

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Hari pertama pelaksanaan ujian akhir semester (UAS) berlangsung lancar dan tertib. Ribuan mahasiswa baik itu mahasiswa baru yang mengikuti UAS TPB maupun mahasiswa lama masuk mengikuti ujian. Walau ada saja mahasiswa yang bermasalah, namun semua masalah tersebut dapat diatasi.

Hari ini (29/12) merupakan UAS hari pertama yang ditandai dengan ujian bagi mahasiswa baru 2003 dengan mata kuliah kalkulus. Ini merupakan ujian perdana bagi mereka yang kuliah TPB.

"Ini pertama kali, namun saya sudah belajar semenjak kemarin hari, " papar Ferdian, mahasiswa teknik lingkungan. Lokasi ujian Ferdian sendiri terletak di kampus FTIF. Dia bersama rekan-rekan mata kuliahnya sejak pukul tujuh pagi menunggu ujian yang baru dimulai pukul 07.30.

Hal yang sama dijumpai di berbagai ruangan ujian yang biasanya dipakai kuliah. Teknik Industri misalnya, pagi tadi mengadakan UAS mata kuliah analisis produktivitas. Setidaknya seratus mahasiswa mengikuti ujian mata kuliah ini dengan tertib, walau ada beberapa orang yang terpaksa pulang untuk mengambil kartu FRS atau KTM mereka yang tertinggal. Setelah itu baru mereka dipersilahkan mengikuti ujian, tentunya tanpa penambahan waktu.

"Ini memang sudah aturan. Mahasiswa di jurusan wajib membawa KTM dan kartu FRS, " terang Erwin Widodo, ST, salah satu panitia ujian di Teknik Industri.

Hal yang sama sebenarnya juga diberlakukan di semua jurusan. Syarat mengikuti UAS juga umum di semua jurusan. Seperti larangan memakai kaos oblong dan sandal, serta membawa buku di kala ujian buku tertutup.

UAS sendiri di ITS biasanya berlangsung dua minggu. Namun kali ini, karena terselip liburan tahun baru yang cukup lama, UAS menjadi tiga minggu lamanya. Untuk hari senin dan kamis di semua jurusan biasanya dibuat untuk ujian UAS pagi harinya. (ryo/bch)

Berita Terkait