ITS News

Kamis, 11 Agustus 2022
15 Maret 2005, 12:03

Tutup mentoring dengan outbound

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Masa mentoring yang merupakan pendampingan materi keislaman pada mahasiswa baru akan segera berakhir. Ujian akhir pun diadakan secara serempak pada Minggu (12/12) besok di Masjid Manarul Ilmi. Sejumlah soal mengenai materi aqidah, ibadah dan muammalah yang telah diajarkan mentor masing-masing, akan diujikan.

Kajian jurusan Teknik Fisika ITS, Ulul Albab, akan mengemas kegiatan ini dengan cara berbeda. Mereka mengadakan sebuah outbound "Gema Alam" tepatnya pada hari Sabtu-Minggu (11-12/12) besok di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan. "Selain ujian akhir mentoring, kita juga ingin mengkondisikan mahasiswa baru untuk mengikuti mentoring lanjutan di jurusan," jelas Prissa Priskilla, SC outbound ini.

Umumnya, mentoring akan usai setelah diadakan ujian akhir. Namun, menurut Prissa, dengan meneruskan kegiatan tersebut melalui mentoring lanjutan akan memperkuat rasa ukhuwah diantara mahasiswa muslim di jurusan. "Dari situ, kita dapat 'menghidupkan' kajian jurusan serta mencetak kader-kader mentor yang baik," ujar kadep keputrian Ulul-Albab ini.

Untuk soal-soal ujian akhir, akan diambil langsung dari BPM (Badan Pelaksana Mentoring pusat) JMMI. Pelaksanaannya pun bersamaan dengan pusat yakni Minggu (12/12). "Setelah diisi peserta, akan kita serahkan lagi ke BPM pusat untuk diproses," papar Prissa.

Selain ujian akhir, outbound ini akan diisi dengan rihlah atau jalan-jalan, olahraga, dan game-game menarik. Mengenai pemilihan tempat, Prissa menjelaskan bahwa Kebun Raya Purwodadi merupakan tempat yang kondusif dan nyaman untuk mengadakan kegiatan semacam ini. Beberapa barak akan didirikan untuk para peserta.

Rencananya, Peserta akan berangkat Sabtu jam 7 pagi dan akan kembali Minggu setelah dhuhur. "Mereka (peserta, Red) sangat antusias dengan kegiatan ini. Mereka senang. Namun ada juga yang keberatan masalah dana, soalnya kata mereka bulan ini banyak pengeluaran terutama untuk praktikum," ujar Prissa. Untuk diketahui, setiap peserta dikenai biaya Rp 30.000,00 sebagai biaya akomodasi kegiatan. (ftr/tov)

Berita Terkait