ITS News

Senin, 06 Februari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Tumbuhkan Kebanggaan Terhadap Almamater

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

;Kemenangan Ir. Kristiono atas Ir. Djalal dalam pemilihan ketua umum IKA ITS periode 2004/2006 pada Sidang Umum IKA ITS telah mengantarnya menduduki jabatan tertinggi dalam kepengurusan organisasi IKA ITS.

"Seperti telah saya sampaikan, pencalonan yang saya ajukan ini karena saya termotivasi untuk melakukan sesuatu bagi alumni dan saya menginginkan alumni ITS dapat berbuat sesuatu pula untuk almamater yaitu ITS, bangsa dan negara," tutur Kristiono. Untuk itu, Kristiono menambahkan, semua elemen IKA harus mengedepankan kepentingan organisasi dan institusi.

Menurut peraih The Best CEO 2003 ini, 3 hal yang perlu ditanamkan dan ditumbuhkan dalam diri setiap alumni, yaitu kebanggaan terhadap almamater, leardership dan profesionalisme, serta harga diri dan kompetensi. "Selama ini, kenyataan yang saya lihat adalah alumni tidak bangga terhadap almamaternya. They have no ownership terhadap ITS. Jika hal itu terus dibiarkan, maka ITS tidak akan ada di masyarakat dan tidak akan ada pula IKA ITS," ujar Direktur Utama PT. Telkom.

Lebih lanjut Kristiono menegaskan bahwa tidak adanya rasa bangga terhadap ITS disebabkan oleh kecenderungan merasa tidak percaya diri. "Padahal alumni ITS sampai saat ini sudah banyak sekali, mencapai ribuan jumlahnya. Namun, tampaknya masih perlu latihan lagi untuk bisa membentuk perilaku yang optimis, percaya diri dan berorientasi kedepan," tegas pria kelahiran Solo,12 Februari 1954.

Kini, dengan posisinya sebagai ketua umum IKA ITS, Kristiono bertekad untuk bisa menjalankan program kerja yang telah disusunnya. Yaitu, membangun jejaring antar alumni yang solid, membantu mengembangkan partnership antara ITS dengan industri dan membantu mahasiswa menghasilkan karya yang mampu berprestasi di tingkat nasional maupun international.

Selain itu, pria yang hobi membaca dan olahraga ini juga bertekad untuk mengembangkan kegiatan usaha yang dapat dijadikan media pengembangan entrepreneurship mahasiswa maupun alumni dan mengembangkan jejaring kelembagaan alumni dengan lingkungan strategis eksternal.

"Saya akan berusaha mewujudkan itu semua dengan semboyan 3A yang selalu saya pegang, yaitu Aku aman bagimu, Aku memuaskan bagimu dan Aku bermanfaat bagimu," tutur ayah 3 anak ini.(sept/lin)

Berita Terkait