ITS News

Sabtu, 02 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

TL ITS Ajak Peduli Lingkungan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pagi ini (5/6) kampus Teknik Lingkungan ITS terlihat lebih "bersemangat." Gemericik air mancur di depan prasasti kecil seolah menyambut beberapa orang yang mulai hadir sejak pukul 7. Tampak pula beberapa kandang burung berwarna coklat dan biru lengkap dengan puluhan burungnya ditempatkan di tengah halaman kampus TL. Dan sejumlah poster bertemakan lingkungan hidup yang dipajang disana, semakin menambah semarak suasana yang ada.

Hari ini adalah hari lingkungan hidup sedunia. Seperti tak ingin ketinggalan menunjukkan kepeduliannya, kali ini Teknik lingkungan ITS pun menggelar serangkaian kegiatan. Beberapa instansi pemerintah juga turut dilibatkan, yaitu Bapedal (Badan pengawas dan Pengendali lingkungan) Jawa Timur serta Dinas kebersihan Kota Surabaya. Tak ketinggalan Dr.John McGregor, team leader Bejis Project milik Aus Aid, lembaga dana bantuan Australia untuk Indonesia itu juga hadir disana.

Acara ini dibuka oleh Rektor ITS, Dr. Muhammad Nuh, DEA tepat pukul 09.00. Dalam kesempatan ini beliau berpesan akan pentingnya menumbuhkan kesadaran masyarakat kepada lingkungan hidup. Dan sudah seharusnya dari civitas Teknik Lingkungan ITS ikut serta memulainya. "Jadi jangan sampai sampah di Teknik Lingkungan sendiri tak terawat, tanggung jawab Kajur (ketua jurusan) ini," kelakar beliau yang disambut tawa pengunjung yang hadir. Ir. Agus Slamet, Msc, kajur TL yang disinggung pun tak bisa menahan senyumnya.

Sesudah dibuka, serangakaian acara yang telah diagendakan langsung digelar. Mulai dari penanaman pohon perdamaian, penyerahan bak sampah kepada kelurahan sekitar ITS, peresmian prasasti TL, pemasangan papan kampanye pelestarian lingkungan hidup, dan pelepasan sejumlah burung di lingkungan kampus.

Beberapa kejadian unik turut menyertainya. Saat pelepasan burung misalnya, John McGregor yang ikut serta dalam aksi ini dibuat tersipu oleh tingkah burung yang dilepasnya pertama kali. Maklum, burung itu "mogok" terbang dan terlihat loyo. Pengunjung pun menertawakannya. "Lho kok loyo?," kelakar seorang diantaranya. Walau begitu, ia tetap bersemangat menerbangkan sejumlah burung yang tersisa di kandang. Senyum pun mengembang di wajahnya.

Agenda kegiatan hari ini kemudian ditutup dengan diskusi publik yang mengetengahkan tema "Pengelolaan Sampah dengan Melibatkan Partisipasi Masyarakat" di ruang sidang TL. Bersamaan dengan itu, sejumlah mahasiswa TL menggelar kampanye damai di sekitar Grahadi. Mereka membagi stiker yang berisi imbauan kepada masyarakat untuk melestarikan lingkungan hidupnya. "Kita membagikan 800 stiker disana bersama beberapa pelajar SMU yang tergabung dalam Green Generation," ujar M Frans S, mahasiswa TL yang menjadi panitia kegiatan ini.(ftr/har)

Berita Terkait