ITS News

Minggu, 03 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Tim ITS Berhasil Membawa "Award Sprit of Atlantic Challenge"

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kepada masyarakat Indonesia di tanah air. Akhirnya tugas dan misi yang diemban oleh Tim ITS Maritime Challenge sebagai duta bangsa, mewakili Indonesia dalam event Atlantic Challenge "The International Festival of Seamanship and boatbuilding" di Rockland, Maine, USA pada tanggal 11-17 juli 2002, purna sudah. Kamarin malam diadakan upacara penutupan sekaligus penyerahan Award. Dihadapan peserta dari 9 negara antara lain Perancis, UK,Irlandia, Belgia, Kanada, Amerika Serikat, Rusia, Indonesia dan Denmark.

Tim ITS berhasil membawa pulang Award bergilir "Spirit of Atlantic Challenge". Selama 2 tahun award ini akan berada di Indonesia, dan akan diperebutkan kembali pada tahun 2004 di Perancis dalam Atlantic Challenge yang ke-10.

Award ini diberikan khusus kepada Tim yang berhasil membangun semangat "Internasional friendship" yang menjadi spirit dari Atlantic Challenge itu sendiri. Sementara itu Tim Irlandia berhasil menjadi The WINNER dalam Atlantic Challenge ke-9 tahun ini, sebagai juara umum.

Para peserta negara lain banyak yang mengakui bahwa Tim Indonesia sangat ramah, friendly dan bisa membawa suasana lain dalam Atlantic Challenge. Image yang tercipta di participants tentang Indonesia yang sebelum mereka mengenal Indonesia sebagai salah satu negara yang ditakuti karena diisukan sarang teroris, tidak demokratis karena mengekang kebebasan wanita untuk berkarya, dan masyarakat muslim Indonesia yang tertutup seperti di negara-negara Arab.

Namun,setelah mereka mengenal Indonesia melalui keberadaan kami di event ini, hanya satu komentar mereka "Orang Indonesia terutama yang muslim berbeda dengan muslim di negara Arab". Kata mereka juga kita lebih mirip orang-orang Muslim dari Maroko dan muslim Eropa, lebih ramah dan terbuka.

Kita sejak awal tidak menargetkan untuk menjadi juara dalam event ini, karena dibandingkan dengan negara lain, postur tubuh orang Indonesia paling kecil. Meskipun kita paling kecil namun Tim Indonesia tetap punya semangat dan tidak pernah menyerah. Tim Indonesia mengikuti seluruh even yang dipertandingkan.

Misi yang dibawa memang lebih terarah untuk misi kebudayaan. Untuk mengenalkan kebudayaan dan karakter orang Indonesia kepada dunia internasional.

Akhirnya Terima kasih atas segala bantuan dan doa yang diberikan.

Wassalam,
Rockland, Maine, USA
17 Juli 20
Habibie

Berita Terkait