ITS News

Jumat, 03 Februari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Tertarik Pengemudian Elektrik Karena Kakak

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Berkecimpung dalam ilmu pengemudian elektrik, ternyata berawal dari melihat aktifitas sang kakak yang masuk sekolah STM listrik. "Semenjak itu saya mempunyai keinginan untuk melanjutkan kuliah di jurusan elektronika ,"jelas Prof.Ir.Soebagio, MSEE, Ph.D saat ditemuai di acara pengukuhanya (27/1). Maka setelah lulus dari SMA negeri III malang beliau melanjutkan kuliah di ITB.

Pada saat itu, tambahnya, perkembangan pengemudi elektrik belum sepesat sekarang ini. Namun bukan berarti hal itu menjadi penghalang bagi beliau untuk tetap menekuni bidang power. Setamat dari kuliah, beliau merasa bahwa ilmu yang didapatkan masih terlalu dangkal. "Saya benar-benar memahami ilmu tersebut setelah kembali dari amerika,"ujar dosen yang pernah mendapatkan penghargaan Dwidya Satya Utama ini

Memang.Pada tahun 1979 beliau mendapat kesempatan meneruskan kuliah master dan doktornya dari Universitas Winconsin, Madison, Amerika. Selama kuliah diluar negeri itu, beliau mengambil bidang yang sama yaitu power. Inilah yang membuat beliau semakin intens dalam melakukan penelitian, pelatihan, maupun seminar baik itu dalam negeri maupun di luar negeri. "Dari sinilah saya semakin tertarik untuk melakukan penelitian,"ungkap Kepala lab.Konversi Energi Listrik pada Jurusan Teknik Elektro ini.

Selama 20 tahun lebih beliau menekuni berbagai penelitian. Salah satu penelitiannya, antara lain, Pengaturan pengereman motor DC seri pada crane dengan mempergunakan kontroler alogaritma genetika, penelitian dengan mahasiswa S2 program studi Reknik Sistem Tenaga Elektrik tahun 2002.

Lantas, setelah memperoleh gelar sebagai Guru Besar, Prof.Soebagio masih mempunyai keinginan untuk terus mengembangkan keilmuannya dengan tetap melakukan penelitian."Semoga dengan keilmuan yang saya miliki ini dapat berguna bagi masyarakat,"tuturnya.(rom)

Berita Terkait