ITS News

Selasa, 16 Agustus 2022
15 Maret 2005, 12:03

Teknik Lingkungan terima Hibah A2 Dikti

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam surat bernomor 4401/D/T/2004 Dirjen Dikti, Satryo Soemantri Brodjonegoro menyatakan bahwa evaluasi akhir usulan Program Hibah Kompetisi (PHK) Program A2 Batch II telah selesai dengan jumlah pemenang sebanyak 45 fakultas/jurusan dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta. Meskipun dalam skema A2 program pengembangan yang diusulkan dapat berjangka waktu hingga 3 (tiga) tahun, pendanaan dilakukan atas dasar kontrak tahunan.

Selanjutnya bila pada satu institusi terdapat lebih dari satu Jurusan/Fakultas pemenang hibah Program Hibah Kompetisi, maka perlu perlu dibentuk Tim Koordinasi Pelaksanaan Hibah Program Hibah Kompetisi, yang fungsi utamanya adalah untuk mendukung kelancaran pelaksanaan program khususnya dalam menjamin efisiensi dan efektifitas pembelanjaan dana hibah. Selain Jurusan Teknik Lingkungan, Jurusan Matematika ITS juga berhasil mendapatkan bantuan program yang sama.

Ketua Jurusan Teknik Lingkungan, Ir. Agus Slamet, MSc., ketika ditemui mengucapkan rasa syukurnya. "Alhamdulillah, dari kerja keras Tim Task Force (pembuat proposal, red) Jurusan Teknik Lingkungan berhasil membuahkan hasil yang sangat baik. Tapi hasil yang baik ini perlu ditindak lanjuti untuk implementasinya," lanjutnya kemudian.

Harapan Ketua Jurusan Teknik Lingkungan dari hasil Program A2 Batch II yang telah selesai adalah dapat mempertinggi kinerja Teknik Lingkungan. "Dengan Hibah Program A2 ini diharapkan Jurusan Teknik Lingkungan dapat sukses mencapai akreditasi A. Selain itu memberikan motivasi untuk lebih maju lagi agar dapat berkompetisi pada level yang lebih tinggi. Dengan semakin tingginya reputasi TL ITS di tingkat nasional, maka diharapkan pada dekade 2010 bisa mendapatkan reputasi internasional," ujar Agus.

Ketua Tim Task Force, Dr Ir Eddy Setijadi Soedjono, MSc DiplSE, ketika ditemui juga tak putus mengucapkan rasa syukurnya, "Ini kado lebaran buat Jurusan Teknik Lingkungan di bulan baik Ramadhan. Eddy juga mengucapkan terimakasih pada dukungan semua civitas, atas berhasil didapatkannya program ini, "Dukungan alumni melalui milis TL ITS sangat besar terutama dalam pengumpulan tracer study, kami sangat berterimakasih, mohon do’anya lagi supaya kami dapat melaksanakan amanat ini dengan sebaik mungkin."

Uniknya Tim Task Force Teknik Lingkungan, sebagian besar terdiri dari dosen-dosen muda, dengan alasan pengkaderan pada awal pembentukannya. (li/bch)

Berita Terkait