ITS News

Selasa, 27 September 2022
15 Maret 2005, 12:03

Teknik Lingkungan Kekurangan Kelas, UTS Diadakan Hari Sabtu

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

UTS sudah mendekati akhir, tetapi ada beberapa hal yang menarik dibalik UTS semester ini terutama di Jurusan Teknik Lingkungan. Jika di jurusan lain termasuk Teknik Lingkungan kuliah di hari Sabtu sudah biasa, tetapi kalau UTS di hari Sabtu memang agak tidak biasa apalagi semester ini intensitasnya sangat sering. Hampir tiap hari Sabtu, mulai 22 Oktober lalu jurusan Teknik Lingkungan mengadakan UTS sampai 2 Nopember mendatang. Kebijakan ini diambil pihak jurusan karena terbatasnya ruang kelas di Jurusan Teknik Lingkungan, selain itu jumlah mahasiswa makin banyak baik dari reguler maupun ekstensi. Menurut Ketua Jurusan Teknik Lingkungan, Dr. Yulinah Trihadiningrum, M.App.Sc, langkah ini bagaimanapun harus ditempuh untuk mengatasi masalah kelas maupun jumlah mahasiswa.

Kondisi seperti ini memang tidak menyenangkan bagi para mahasiswa TL. Berbagai keluhan tentang UTS hari Sabtu ini sering bermunculan. Meskipun begitu mereka hanya bisa pasrah melaksanakan UTS pada hari Sabtu. Salah seorang mahasiswa, Endang, mengatakan bahwa UTS hari Sabtu benar-benar menyita waktu libur dan istirahat. "Seharusnya pihak jurusan bisa mengatur jadwal UTS secara teratur, dimana ada minggu-minggu tertentu yang dikhususkan untuk UTS", tambah mahasiswa angkatan 99 ini.

"Sebenarnya bisa saja UTS dibuat terjadwal tetapi masih banyak kendala antara lain materi kuliah yang tidak selesai sebelum UTS ", ungkap Bu Yulinah. Selain itu beliau mengungkapkan materi yang belum selesai tersebut karena ada beberapa dosen TL yang mempunyai kesibukan di luar jurusan sehingga materi tidak bisa selesai tepat pada waktunya.

Kebijakan ini terpaksa diambil hanya untuk kuliah dengan jumlah peserta lebih dari 60 orang. Tetapi rata-rata jumlah kuliah di jurusan Teknik Lingkungan 80 sampai 100 mahasiswa sehingga apabila ujian dilaksanakan, membutuhkan 2-3 kelas. Sedangkan pada masa UTS saat ini kuliah masing berlangsung sehingga penggunaan kelas untuk UTS maupun kuliah harus benar-benar diatur. Akhirnya solusi terbaiknya memakai waktu diluar jam kuliah yaitu hari Sabtu.

Untuk sementara ini, kondisi tersebut tidak bisa hindari sampai pembangunan gedung baru TL di sebelah Teknik Sipil selesai. Dengan adanya gedung baru tersebut mahasiswa TL tidak perlu lagi berebut kelas saat kuliah dan bisa menikmati waktu libur di hari Sabtu tanpa ujian.(rie/kk)

Berita Terkait