ITS News

Jumat, 30 September 2022
15 Maret 2005, 12:03

Teknik Kimia Juara Lomba Kebersihan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pemenang lomba kebersihan yang dimulai sejak awal Mei lalu diumumkan pada hari Minggu, 17 Agustus 2003, bertepatan dengan pelaksanaan upacara peringatan hari kemerdekaan.Para pemenang lomba kebersihan mendapatkan penghargan langsung dari Rektor ITS, yang pada kesempatan itu juga menjadi Inspektur upacara.

Lomba kebersihan ini sendiri tidak hanya sekedar memberikan penghargaan semata.Melainkan untuk mengetahui sejauh mana bentuk kepedulian dari para sivitas akademika ITS terhadap kebersihan dan keindahan.Oleh karenanya pada awalnya mendapat sambutan yang beraneka ragam. Ada yang menyambut baik dengan harapan hal itu bisa meningkatkan kepedulian mereka terhadap kebersihan. Sementara itu, ada pula yang mengadu kepada rektorat agar memberi bantuan dana yang proporsional untuk menunjang keikutsertaan mereka dalam lomba tersebut.

Lomba kebersihan kali ini melibatkan 49 unit yang terbagi dalam 11 zone. 49 unit tersebut meliputi jurusan-jurusan yang ada diITS, unit-unit pelaksana teknis (UPT), rektorat bahkan sampai asrama. Pembantu Rektor II, DR Ir R Syarief Widjaja mengatakan pembagian unit menjadi 11 zone itu untuk memudahkan tim penilai dalam melakukan penilaian.

"Saat dilakukan penilaian tempat yang akan dinilai tidak diberitahu dulu dan penilaiannya tidak hanya dilakukan satu kali. Jadi diharapkan akan ada peningkatan kebersihan pada penilaian berikutnya," kata Syarief.

Sedangkan penilaian tiap-tiap unit meliputi kebersihan lingkungan, penataan ruang, fasilitas, pembuangan sampah, sanitasi, area parkir dan beberapa penilaian lainnya.

"Kita tidak hanya menilai dari luar saja, tapi juga masuk kedalam ruangan. Kalau misalnya menilai disatu jurusan juga masuk sampai ruangan dosen, kajur, kelas, laboratorium, ruang baca sampai ke WC juga," tambah dosen Teknik Perkapalan.

Pada pengumuman pemenang lomba kebersihan tersebut sebagai juara I adalah jurusan Teknik Kimia dengan nilai 7,203 disusul jurusan Teknik Mesin dan Teknik Material sebagai juara II, dan Lembaga Penelitian ITS ada diurutan ke III.

Untuk juara harapan I adalah jurusan Teknik Sipil, UPT Bahasa menduduki juara harapan II dan rektorat sebagai juara harapan III dengan nilai 6,679.

Sebagai jurusan yang dinilai paling bersih oleh panitia lomba, ketua jurusan Teknik Kimia, DR.Ir.Sugeng Winardi,MEng menyatakan senang dan bangga. "Namun disini kita harus berusaha untuk bisa tetap menjaga kebersihan dan keindahan agar juga tetap mempertahankan piala bergilir tersebut," ujarnya.

Ditambahkannya pula bahwa sebenarnya kebersihan itu kembali pada pribadi masing-masing. Oleh karenanya pihaknya sangat mendukung adanya lomba kebersihan tersebut. Untuk bisa menjadi motivasi bagi unit-unit yang ada di ITS untuk selalu menjaga kebersihan."Saya sangat setuju dengan lomba seperti untuk tahun mendatang,"terangnya(sept/rom)

Berita Terkait