ITS News

Jumat, 19 Agustus 2022
15 Maret 2005, 12:03

Tak Lulus TOEFL, 172 Mahasiswa ITS Batal Wisuda

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sebanyak 172 mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, batal diwisuda untuk periode Maret 2005. Secara akademik, mereka memang telah lulus. Tetapi mereka gagal dalam TOEFL yang menjadi salah satu persyaratan kelulusan dan wisuda. meski telah diberikan kesempatan mengulang sekali lagi pada 16 Februari lalu.

Pembantu Rektor I Bidang Akademik Prof Ir Noor Endah MSc PhD, Jumat (18/2) siang mengatakan hal itu setelah rapat yudisium tingkat institut untuk pelaksanaan wisuda 12 dan 13 Maret mendatang. "Dari 270 mahasiswa yang diminta untuk mengikuti ujian ulang TOEFL, ternyata hanya 243 orang yang mendaftar dan dari yang mendaftar itu hanya 71 orang yang lulus, sehingga jumlah total mahasiswa yang akan diwisuda pada periode Maret 2005 mendatang sebanyak 1.334 mahasiswa," katanya.

Mengenai penanganan terhadap 172 mahasiswa yang belum berhak diwisuda karena nilai TOEFL-nya belum mencukupi, Noor Endah menjelaskan, ITS akan melakukan pendampingan untuk mereka agar nantinya lebih siap lagi mengikuti tes TOEFL. "Kami sudah menyiapkan laboratorium bahasa yang berada di bawah Jurusan Mata Kuliah Umum (MKU,-red) untuk bisa digunakan bagi kepentingan mahasiswa yang memiliki nilai TOEFL rendah," katanya.

Untuk itu, ITS telah ‘menyulap’ laboratorium bahasa menjadi laboratorium TOEFL. Lanoratorium itu dilengkapi dengan peralalatan untuk listening, bahan-bahan buku serta ruang response dan tatap muka. "Kami telah menyiapkan 12 kelas dengan masing-masing kelas berisi maksimal 30 orang untuk bisa melakukan tatap muka 2 jam per minggu dan disediakan fasilitas belajar mandiri," katanya.

Noor Endah merinci jumlah peserta yang lulus ujian ulang TOEFL masing-masing dari S1 ekstensi sebanyak 24 orang dinyatakan lulus dari 65 yang mendaftar, S1 reguler 26 lulus dari 71 yang mendaftar, program S2 sebanyak 51 orang yang mendaftar dan dinyatakan lulus hanya 7 orang, serta dari program D3 yang lulus sebanyak 15 orang dari 66 orang yang mendaftar.

Ditanya berapa jumlah wisudawan yang memperoleh predikat cumlaude dari 1.334 mahasiswa yang bakal diwisuda, Noor Endah menjelaskan, bersamaan dengan penerapan aturan Akademik 2004 yang mensyaratkan lulusan ITS pada jenjang tertentu harus memiliki nilai TOEFL minimal, ketentuan untuk predikat cumlaude pun diperbarui. "Atas dasar peraturan itulah maka kini jumlah lulusan berpredikat cumlaude juga mengalami penurunan, karena syaratnya pun makin diperketat. Pada wisuda kali ini ada 9 lulusan yang memperoleh predikat cumlaude," katanya.

Seperti diketahui, mulai wisuda Maret 2005 ini, ITS menerapkan persyaratan bagi mahasiswa calon wusudawan untuk mencapai nilai TOEFL 450 untuk jenjang D3, D4, dan S1, 475 untuk S2, dan 500 untuk S3. Demikian juga dengan predikat cumlaude yang diberikan kepada para lulusan disyaratkan memiliki IPK 3,51 – 4,00 dengan lama waktu studi delapan atau lebih kecil dari delapan semester untuk S1, dan memiliki IPK 3,51-4,00 dengan lama waktu studi enam atau lebih kecil dari enam semester untuk D3. (Humas /rin)

Berita Terkait