ITS News

Minggu, 27 November 2022
15 Maret 2005, 12:03

"Sukses Akademis, Sukses Organisasi &quot

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Slogan yang dikumandangkan Addin Bachtiar(26), Sekretaris Jendral Badan koordinasi kegiatan mahasiswa teknik kimia indonesia (BKKMTKI). "Slogan ini merupakan titipan dari pembimbing kami dari pabrik pupuk Petrokimia Putra, Gresik. Jadi bukan murni dari saya," katanya kepada ITS Online.

Ditanya lebih jauh mengenai BKKMTKI berkaitan dengan kegiatannya. "Kami membuat prosentase 70% untuk kegiatan ilmiah dan 30% untuk organisasi," kata Addin, yang kebetulan hari ini (14/9) berulang tahun. "Tapi realita yang ada selama ini lebih banyak kegiatan yang berbau organisasi," jelasnya. "Sedangkan kegiatan seperti seminar dan penelitian hanya sedikit prosentase partisipan," tandas Addin lebih lanjut.

Addin yang juga mahasiswa teknik kimia angkatan 1996 Universitas Achmad Dahlan, yogyakarta ini menjelaskan alasannya. "Pembimbing melihat banyak aktifis yang jarang kuliah, hanya sibuk berorganisasi," jawabnya lebih lanjut saat ditemui di musyawarah daerah (Musda) daerah V Jawa Timur.

Musda yang diselenggarakan tanggal 12-14 september 2001 ini diikuti 9 institusi. Dengan penjelasan lebih lanjut mengenai organisasai yang mempunyai visi dan misi yaitu pengembangan sumber daya manusia Teknik Kimia indonesia. Dijabarkan dengan berbagai program kerja antara lain, gerakan kembali ke desa.

BKKMTKI dengan anggota 46 institusi perguruan tinggi di Indonesia, yang merupakan gabungan dari himpunan mahasiswa teknik kimia, bukan perseorangan. "Saat ini kami juga memmbahas masalah pencemaran dan penelitian, penyikapan kasus,dsb," jelas Addin.

"BKKMTKI sendiri terbagi atas 6 daerah. Dana untuk pembiayaan selama ini didapatkan dari iuran anggota dan sponsor yang merupakan alumni BKKMTKI dan sekarang masuk PII (Persatuan Insinyur Indonesia). Jadi kita juga mempunyai jaringan di perusahaan-perusahaan," jelasnya lagi. (tin)

Berita Terkait