ITS News

Senin, 03 Oktober 2022
15 Maret 2005, 12:03

Student Internet Centre ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

ITS sekarang mempunyai "Student Internet Centre" baru yang megah. Student Internet Centre yang program utamanya adalah Warnet tersebut merupakan kerjasama antara ITS dan MWeb – pemilik beberapa perusahaan dot com di Indonesia seperti astaga.com, satunet.com, dan kafegaul.com ini – dengan pola BOT (Build on Transfer). Gedung MWeb yang megah di kawasan Kantin Pusat menempati area yang strategis di ITS . Dibangun dua lantai dengan luas sekitar 500 m2, warnet ini mulai beroperasi tanggal 15/10 kemarin, dimulai dengan free trial selama 3 hari.

Tingkat pemakaian komputer di warnet MWeb saat ini mencapai 80% akan tetapi karena ada UTS banyak mengalami penurunan tinggal sekitar 26%. "Pada saat free trial sich penuh sekali, sampai nolak orang," kata Feri salah satu Technical Support MWeb. Didukung 17 pegawai yang 70% lulusan atau mahasiswa aktif ITS, sejak tanggal 18/10 sampai tanggal 25/10 MWeb menetapkan harga rental per jamnya Rp. 3.000,00. Sedangkan mulai tanggal 25/10 dan seterusnya harga rental per jamnya naik menjadi Rp.4500,00/jam. "Kami sedang mengusulkan supaya harganya nggak mahal-mahal soalnya bagi kantong anak ITS harga ini masih terlalu mahal. Rencananya menjadi hanya Rp. 4000,00/jamnya," jelas Handoko, Operational Supervisor Warnet MWeb ITS. MWeb ITS ini rencananya akan memiliki satu orang fasilitator advisor dari ITS yang bertugas memberikan masukan bagi kelangsungan warnet tersebut. Sampai saat ini posisi tersebut masih belum ada yang mengisi karena masih menunggu penjelasan Kepala Puskom ITS yang masih ke Jepang," jelasnya lagi.

Warnet yang pembangunan gedung beserta isinya dibiayai oleh MWeb sendiri ini rencananya akan diberikan kepada ITS setelah 5 tahun, termasuk komputer di dalamnya. Apa maksud MWeb dengan membangun gedung dan memberikan isinya kepada ITS? "MWeb membangun citra positif di Indonesia dengan melalui program SIT (Student Internet Center)," kata Handoko lanjut. Program SIT antara lain terdapat di Unair, Unibraw, dan ITS. Setelah 5 tahun, gedung itu akan dikelola ITS dan apabila ITS tidak bisa mengelola, maka akan disewa oleh MWeb.

Gedung Warnet milik MWeb tersebut saat ini baru dilengkapi 112 komputer dari 260 yang direncanakan, dengan bagian lantai 2 rencananya akan dibuat 4 round game dari total 15 komputer, juga ada ruang pelatihan bagi yang berminat untuk menyewa sebagai tempat pelatihan yang membutuhkan komputer online terdiri dari 25 komputer. Dengan fasilitas audiovisual, multimedia, dan head set, harga itu memang tidak terlalu mahal, apalagi MWeb langsung akses via satelit. (li/bch)

Berita Terkait