ITS News

Kamis, 07 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

SMUN 5 Juarai Mechanical Competion

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

SMUN 5 Surabaya akhirnya meraih juara pertama Mechanical Competion, kompetisi dalam bidang mekanika fisika dan logika berpikir, yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin ITS, kamis kemarin (30/1).Mereka berhasil mengungguli sekitar 104 tim dari seluruh SMU se-Indonesia.

Dengan ini, tim dari SMUN 5 Surabaya tetap mempertahankan tropy bergilir dari Menteri Pendidikan Nasional yang telah diperoleh tahun lalu. Dan mereka juga berhak mendapatkan uang senilai 2 juta rupiah. Sedangkan SMU St.Yusuf,Malang dan SMU Loyola,Tangerang masing-masing meraih juara kedua dan ketiga.

Menurut, Alief, ketua panitia Mechanical Competion, kegiatan ini diadakan untuk memberikan kesempatan kepada siswa SMU untuk berkompetisi dalam bidang mekanika."Kami mengadakan kegiatan ini untuk tingkat se-Indonesia mulai tahun lalu. Karena sambutan dari kalangan pelajar SMU begitu besar maka tahun ini kami mengadakan lagi," terangnya

Para peserta dalam mengikuti kompetisi ini tidak hanya pandai menjawab berbagai pertanyaan saja. Melainkan kemampuan mereka dalam berargumentasi dan menganalisa juga sangat menentukan ."Penilaian kami berdasarkan sesi cerdas cermat dan presentasi untuk semifinal ini,"terang mahasiswa Teknik Mesin ini

Inilah yang membuat kegiatan ini cukup menarik, para peserta sebelum melakukan presentasi mereka diperlihatkan sebuah tayangan peragaan percobaan. Seperti program kuis Galileo. Tentu saja, yang memperaga percobaan ini mahasiswa sendiri. Maka tak heran ada sebagian mahasiswa lainnya menyelentuk,"Arek-arek, saiki jadi bintang film kabeh, yaa."(rom)

Berita Terkait