ITS News

Kamis, 30 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

Situs UKM JC Selesai Juli 2002

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Surabaya Post- Surabaya

Setelah selama setahun dipersiapkan, situs yang berisi data base seluruh usaha kecil menengah (UKM) di Jatim, dirancang Juli 2002 nanti selesai. Persiapannya saja menyedot dana Rp 30 juta.

"Dengan keberadaan situs UKM Junior Chamber (JC), usaha para pengusaha terutama kecil menengah di Jatim, khususnya Surabaya, bisa terakses langsung di 125 negara yang juga menjadi anggota Junior Chamber International. Tak hanya jalur pemasaran produk sekaligus informasi tentang kebutuhan bahan baku, baik impor atau yang mau ekspor," kata Aditya Sumantri, Presiden LOM Surabaya 2002 usai serah terima jabatan presiden LOM Surabaya, di Hotel Ibis, Sabtu (2/3).

Dikatakan, pembuatan situs itu bermula dari permintaan anggota JC di negara lain yang menginginkan banyak informasi bisnis di Indonesia. Di sisi lain, kebutuhan pengembangan jalur pemasaran ke negara lain sangat diperlukan para UKM domestik.

Dengan dukungan Dinas Perdagangan dan Perindustrian yang memberi seluruh data dan akses para UKM dan industri di Jatim, maka situs itu langsung diproses. Pembuatan situsnya menggandeng Himpunan Teknik Informatika ITS.

Selain membuka wacana para UKM, situs itu diharapkan juga mengakses industri pariwisata di Jatim. "Selain bisnis usaha juga sektor pariwisata diharapkan tercakup dalam data base itu, sehingga informasi yang dimiliki Jatim bisa diakses anggota JC di seluruh dunia. Permintaan data UKM Indonesia terutama banyak datang dari Australia dan Jepang," kata Aditya.

Sebagai awal akses dalam pariwisata itu, JC LOM menggandeng Pemkot dalam pemberangkatan Cak dan Ning Jatim 2003 yang akan dikirim ke Las Vegas sekaligus sebagai lokasi pertemuan JC International. (hap)

Berita Terkait