ITS News

Kamis, 09 Februari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Short Course Bersertifikasi Internasional

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Disaat para mahasiswa ITS sedang menikmati liburan semester genap, UPT Komputer ITS disibukkan dengan membuat suatu gebrakan terbaru. Gebrakan baru ini adalah mengadakan Short Course Web Master dengan Sertifikasi Internasional selama 1 bulan. Program ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antara UPT Komputer ITS dengan World Wide Web Institute yang berkantor pusat di Jenewa.

Hal ini menunjukkan bahwa UPT komputer tidak hanya sebatas pelayanan bagi mahasiwa untuk praktikum, melihat nilai, pergantian FRS, dan lainnya yang berkaitan dengan bentuk pelayanan akademis. "Program short course ini merupakan salah satu bentuk pelayanan UPT Komputer ITS," ujar Katjuk Astrowulan dalam sambutannya pada acara Open House kemarin (30/6).

Program short course ini akan dimulai pada 1 Agustus 2001 dengan lama pelatihan sekitar 300 jam. Dan peserta dapat menentukan sendiri jadwal yang telah ditentukan. Untuk Full time dimulai hari Senin sampai Jum'at dengan setiap sessionnya 4 jam. Ini dibuka untuk kelas pagi dan malam. Sedang untuk part time dibagi menjadi dua bagian yaitu; Senin, Rabu, Jum'at dan Selasa, Kamis, Sabtu. Dengan setiap sessionnya 4 jam juga.

Terus, berapa biayanya? Untuk memperoleh sertifikat Web master kita harus mengeluarkan biaya sekitar 6 juta, tapi kalau kita membayarnya sebelum 30 juli biaya tersebut menjadi 4,5 juta. Potongan ini hanya khusus untuk mahasiswa ITS saja.

Untuk keseriusan program ini Bisnis Development Asia 3WI, Mr. David juga memberikan presentasi mengenai perkembangan Internet saat ini dan Wireless Aplication Protocol (WAP). Menurutnya, perkembangan internet di Indonesia sekarang ini membutuhkan sekitar 3000 tenaga IT. Untuk itulah, 3WI membuat kerjasama dengan universitas, instansi, dan perusahan dengan memberikan pelatihan-pelatihan singkat mengenai teknologi internet. "We are create skill for job," kata pria Inggris ini dengan penuh optimis.

Tanggapan dari 86 peserta ini sangat antusias, walaupun kebayakan dari mereka bukan hanya mahasiswa ITS,tapi orang-orang dari perusahan yang memang bergerak dibidang IT seperti; D-Net, Link Net, PT Visi Inter Perdana(Visiweb), Dynamicpix.com, PT.Angin, dan lain-lain. Ini menandakan bahwa peminat dari short course tidaklah sedikit. Hanya saja kurang adanya lembaga-lembaga kursus IT di Surabaya.(rm/sal)

Berita Terkait