ITS News

Selasa, 07 Februari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Setetes Darahku Selamatkan Nyawa Manusia

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bertempat di Plaza KPA Dr. Angka, Selasa (16/4), BEM FTI ITS kembali menyelenggarakan aksi donor darah yang bertajuk "Setetes Darahku Menyelamatkan Nyawa Manusia". Kegiatan amal yang rutin dilangsungkan setiap tiga bulan sekali ini menjadi wadah aspirasi mahasiswa ITS untuk menunjukkan kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan sumbangan darah.

Kegiatan yang terlaksana berkat kerja sama antara UK Pramuka dan divisi Hubungan Luar Pengabdian Masyarakat ( HLPM ) BEM FTI ini sudah kedua kalinya dilaksanakan pada masa bakti 2003 – 2004. Sebanyak 125 kantong darah dengan kapasitas 250 cc telah disiapkan oleh PMI Cabang Surabaya untuk diisi dengan darah pendonor yang dinyatakan sehat dan aman.

Sebelum melakukan aksinya, para pendonor diwajibkan untuk mengisi kuisioner kesehatan dan pernyataan pendonor sebagai upaya preventif dari kontaminasi darah tidak sehat. Sejumlah mahasiswi yang ditemui di bagian pendaftaran nampak kecewa karena gagal menyumbangkan darahnya. "Tekanan darah saya rendah," ungkap seorang dara FMIPA yang tak mau disebutkan namanya.

Arif Fathoni (20), mahasiswa Teknik Elektro mengaku mendapat banyak keuntungan dari kegiatan ini. Salah satunya, ia merasa lebih segar setelah mendonorkan darahnya. "Berat badan saya bertambah alias lebih gemuk" ungkap mahasiswa tingkat awal yang menyempatkan diri berdonor di sela-sela kesibukan kuliahnya.

Menurut Dian Mustikaning Kusuma, yang didapuk sebagai ketua panitia, kegiatan ini bukan ikut-ikutan karena adanya wabah demam berdarah dengue (DBD) melainkan kegiatan rutin yang kontinuitasnya terjaga. Oleh karena itu pihaknya optimis bakal memenuhi target pendonor sebanyak 125 peserta.(m3/Lin)

Berita Terkait