ITS News

Kamis, 18 April 2024
15 Maret 2005, 12:03

SENTRA ITS, sebuah LSM baru

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sebuah LSM yang bernama SENTRA ITS baru saja dicanangkan pada Jumat (31/12) kemarin. Launching perdana yang mampu mengikat lebih dari seratus orang ini diadakan di ruang seminar, perpustakaan lt.2 ITS.

Awal sejarah pembentukan LSM ini adalah adanya cita-cita untuk mengimplementasikan ide dan pengembagan potensi diri mahasiswa ITS. Sehingga untuk tujuan itu harus ada suatu wadah berupa LSM. Mudzakir Uddin ST, salah seorang pembicara, mengatakan sebenarnya LSM ini pernah ada. "Saat masih mahasiswa, saya bekerjasama dengan Arif (mantan ketua umum JMMI ITS) mendirikan LSM SENTRA," ujar alumni mahasiswa ITS angkatan 1994 ini menceritakan.

Mengenai arti nama dia memaparkan itu hanya spontanitas. "Jadi spontan saja, just for name," tambahnya berargumen. Namun, saat itu
LSM nya masih timbul tenggelam. "Tidak apa jatuh bangun asalkan tetap bertahan sampai sekarang," komentar Mudzakir kemudian.

Perintis LSM SENTRA ini menjelaskan mengenai perjuangan mahasiswa yang sebenarnya bukan di SENTRA-nya tapi pada lembaga kampus seperti BEM dan senat mahasiswa. "Peran SENTRA itu sendiri menjaga keberlangsungan independensi mahasiswa ITS," ungkapnya lagi.

Presiden BEM yang pertama ini memaparkan dulu BEM pernah demo ke dewan dan lembaga, tapi sayangnya itu dimanfaatkan instansi lain. "Mereka mengklaim bahwa itu adalah demonya dan minta tuntutan," jelasnya. Hal-hal seperti itulah yang perlu dijaga.

Terakhir, Mudzakir berharap agar lembaga mahasiswa seperti BEM bisa memperjuangkan aspirasi mahasiswa serta masyarakat sekitar ITS. Sebagai contohnya, kasus perancangan perumahan yang baru di dekat desa Gebang. "Mengapa BEM tidak protes, padahal nantinya juga merugikan ITS, masa ITS mau dijadikan rawa lagi," tambahnya sambil mengakhiri perbincangan.(th@/sep)

Berita Terkait