ITS News

Minggu, 27 November 2022
15 Maret 2005, 12:03

Senang Main Futsal Adakan Kompetisi Futsal Antar SMU

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ada banyak kiat untuk memperkenalkan jurusan di ITS kepada siswa-siswi SMU. Ada yang lewat open house, kunjungan ke sekolah, ada pula yang melalui pertandingan futsal antar SMU. Lewat Material Futsal and Music Challenge yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Material diharapkan peserta-pesertanya bakalan tertarik dengan jurusan yang masih baru ini.

"Selain merupakan program kerja yang sudah kami susun, kami pun memang sengaja lebih memperkenalkan jurusan kami kepada mereka, " tutur Achmad Syaiful, Ketua Himpunan Mahasiswa Material. Olahraga futsal, terang Syaiful, sangatlah digemari kawula muda saat ini. Selain digemari anak SMU, olahraga ini juga digandrungi mahasiswa Teknik Material sendiri. "Setiap dua minggu sekali kami keluar untuk bermain futsal bersama, " kata mahasiswa Teknik Material angkatan 1999 ini.

Kompetisi futsal antar SMU ini diikuti 32 tim. Sekolah-sekolah yang diundang pada umumnya SMU negeri dan beberapa SMU swasta. Minat sekolah-sekolah tersebut untuk ikut kompetisi ini pun sangat besar. Terbukti, panitia malah harus menghapus beberapa tim lainnya yang sudah terwakili sekolahnya. "Kadang ada juga sekolah yang tidak diundang ikut daftar. Kami kan nggak bisa nolak, " jelas Bagus, Koordinator Perlengkapan.

Futsal sendiri merupakan permainan sepakbola di dalam ruangan. Berbeda dengan sepakbola pada umumnya, futsal terdiri dari dua tim yang terdiri dari lima pemain. Selain itu permainan ini juga memungkinkan pergantian pemain tanpa batasan jumlah. Pemain yang terganti pun masih boleh main jika diperlukan. Walaupun begitu olahraga ini di Indonesia masih dalam naungan PSSI. "Soal wasit, kami mendatangkan dari Pengda PSSI, " kata Bagus menambahkan.

Sampai hari Jum’at (4/04) kemarin, kompetisi futsal sudah berhasil menyelesaikan babak semi final. Semifinal pertama SMU IPIEMS berhasil mengungguli SMU Negeri 17 Surabaya. Sedangkan di semifinal kedua, SMU Dr Soetomo menang atas SMU Muhammadiyah 2. Final diadakan 13 April 2002. "Acaranya nanti selain final ada juga festival musik. Pokoknya sehari penuh bakalan meriah di sini, " kata Syaiful setengah mempromosikan puncak acaranya. (ryo)

Berita Terkait